Tingkat partisipasi masyarakat terhadap Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Kelurahan Bugul Kidul Kota Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochman, Achmad Aminur (2009) Tingkat partisipasi masyarakat terhadap Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Kelurahan Bugul Kidul Kota Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Aminur Rochman_B02205004.pdf

Download (786kB)

Abstract

Banyak program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah guna menanggulangi dan mengentaskan kemiskinan yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Program Nasional pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri merupakan suatu program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan. Salah satu kelurahan yang menjadi sasaran program PNPM Mandiri ini adalah kelurahan Bugul Kidul, dimana kelurahan Bugul Kidul termasuk wilayah yang padat penduduknya dengan heterogensi profesi, tingkat pendidikan, tingkat sosial dan tingkat ekonomi. Penulis merumuskan perumusan masalah Apakah terdapat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program nasional pemberdayaan masyarakat di kelurahan Bugul Kidul? Dan Bagaimana dinamika proses partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program nasional pemberdayaan masyarakat di kelurahan Bugul Kidul? Strategi pembangunan yang berorientasi pada pembangunan manusia dalam pelaksanaannya sangat mensyaratkan keterlibatan langsung dari masyarakat penerima program pembangunan (partisipasi pembangunan). Karena hanya dengan adanya partisipasi dari masyarakat penerima program, maka hasil pembangunan tersebut akan sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat itu sendiri. Partisipasi masyarakat akan terjadi apabila pelaku atau pelaksana program pembangunan PNPM Mandiri di daerahnya adalah orang-orang, organisasi, atau lembaga yang telah mereka percaya integritasnya, serta apabila program tersebut menyentuh inti masalah yang mereka rasakan dan dapat memberikan manfaat terhadap kesejahteraan hidupnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochman, Achmad Aminur--UNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Partisipasi masyarakat; Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2017 04:01
Last Modified: 01 Nov 2018 02:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21567

Actions (login required)

View Item View Item