Pengembangan sistem informasi manajemen berbasis web menuju madrasah bertaraf internasional di Madrasah Nurul Jadid Paiton Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidin, Zaenal (2011) Pengembangan sistem informasi manajemen berbasis web menuju madrasah bertaraf internasional di Madrasah Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zaenal Abidin_D33206015.pdf

Download (690kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) menguraikan secara komprehensif bentuk Sistem Informasi (SIM) berbasis web di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo, (2) Mendiskripsikan upaya-upaya pengembangan madrasah bertaraf internasional yang di laksanakan di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo(3) Menggali dan memaparkan peran Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis web dalam upaya mengembangkan madrasah bertaraf internasional di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Oleh kerena itu penelitian ini difokuskan pada (1) bagaimana bentuk SIM berbasis web di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo, (2) bagaimana upaya-upaya mengembangkan madrasah bertaraf internasional, (3) peran SIM berbasis web dalam upaya mengembangkan madrasah bertaraf internasional. Untuk menguraikan tentang fokus masalah diatas, penelitian ini dirancang dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jenis ini diarahkan untuk menunjukkan fakta atau kejadian secara sistematis dan akurat mengenai kondisi tertentu sebagaimana fokus penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, antara lain: (1) observasi, (2) interview, (3) dokumentasi. Ketiganya dilakukan secara terencana untuk mendapatkan data yang lengkap dan relevan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik induksi, yaitu dengan menarik kesimpulan mulai dari pernyataan atau fakta khususmenuju kesimpulan yang bersifat umum. Laporan penelitian disajikan dalam bentuk uraian deskriptif secara rinci, dilengkapi dengan gambar maupun tabel sebagaimana ruang lingkup pembahasan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) SIM yang ada di MA Nurul Jadid lebih dikenal dengan Badan Tata Usaha. Badan Tata Usaha ini adalah yang mengelolah data menjadi informasi dengan dukungan fasilitas website sebagai media publikasi, (2). Upaya mengembangkan madrasah bertaraf internasional meliputi kegiatan perencanaan pengembangan lembaga, visi keunggulan, budaya (kultur madrasah), kerjasama madrasah dengan masyarakat, dan bermitra dengan madrasah dalam negeri maupun luar negeri, (3) peran SIM berbasis web dalam mengembangkan madrasah adalah sebagai kinerja para manajer untuk mengambil keputusan/kebijakan dalam mengembangkan lembaga pendidikan, dan juga membantu pemakai jasa (stakeholders) untuk menyalurkan aspiranya untuk pengembangan lembaga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidin, Zaenal--UNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Informasi
Otomasi dalam Manajemen
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi; web; MAN; Madrasah Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2017 02:16
Last Modified: 01 Nov 2018 02:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21564

Actions (login required)

View Item View Item