Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam: studi kasus di SD Setia Budhi Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, A'idatul (2017) Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam: studi kasus di SD Setia Budhi Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (754kB) | Preview

Abstract

Keberagaman bangsa Indonesia merupakan suatu kekayaan yang tak ternilai harganya dan seharusnya itu menjadi sumber kekuatan bangsa Indonesia dalam memajukan pendidikan dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, namun pada kenyataannya masih sering terjadi konflik yang mengatasnamakan SARA (suku, agama, ras antar golongan). Berbagai macam tindak kekerasan dan kerusuhan ini mengindikasikan bahwa pendidikan di Indonesia harus terus berbenah agar dapat berperan dalam membangun kepribadian bangsa. Oleh karena itu dibutuhkan penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam agar peserta didik dapat menerima, menghargai dan menghormati segala bentuk perbedaan dan diharapkan Pendidikan Agama Islam dapat menjadi jembatan agar tercapai masyarakat yang dapat hidup dengan manusia lainnya yang berbeda kultur dan memiliki kesadaran sosial serta nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi.sehingga pendidikan bukan hanya mencetak pribadi yang unggul di bidang akademik, namun juga pribadi yang bermoral, berkepribadian yang baik dan menghormati hak-hak orang lain. Dari persoalan tesebut terdapat dua rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI di SD Setia Budhi Gresik. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat upaya penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI di SD Setia Budhi Gresik? Pendekatan yang digunakan dalam tesis ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa atau fenomena yang terjadi. Sedangkan ditinjau dari tempat atau lokasi penelitiannya, penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa:1) Penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Setia Budhi Gresik sudah berjalan dengan baik, selain itu antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran juga sangat tinggi. Indikasi tingkat pemahaman peserta didik adalah aplikasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran PAI yang mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan multikultural diantaranya adalah: Kepala sekolah, pendidik, keluarga, teman sebaya dan media pembelajaran. Sementara faktor penghambatnya adalah kurikulumnya masih menggunakan kurikulum KTSP, kurangnya perhatian keluarga dan dukungan teman sebaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, A'idatulaidatulfaizah33@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pendidikan multikultural; pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faizah Aidatul
Date Deposited: 19 Dec 2017 04:15
Last Modified: 19 Dec 2017 04:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21563

Actions (login required)

View Item View Item