Pengaruh layanan penempatan dan penyaluran terhadap pemilihan jurusan di SMA Muhammmadiyah 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Alifatur (2011) Pengaruh layanan penempatan dan penyaluran terhadap pemilihan jurusan di SMA Muhammmadiyah 3 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D03207035 Alifatur Rohmah.pdf

Download (955kB)

Abstract

Bimbingan dan Konseling memiliki peran penting dalam sekolah. Dengan adanya bimbingan dan konseling sekolah maka sekolah dapat mengoptimalkan kemampuan anak didiknya. Pengembangan anak didik tentunya tidak terlepas dari layanan penempatan dan penyaluran terhadap pemilihan jurusan tersebut. Dalam skripsi ini ada tiga hal yang dibahas yaitu (1)Bagaimana pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran di SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya, (2)Bagaimana pelaksanaan pemilihan jurusan di SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya, (3)Apakah ada pengaruh layanan penempatan dan penyaluran terhadap pemilihan jurusan di SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah (1)untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran di SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya, (2)untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemilihan jurusan di SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya, (3)untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan penempatan dan penyaluran terhadap pemilihan jurusan di SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel acak atau disebut juga dengan sampling random. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebesar 25% sehingga sampel dalam penelitian ini sebesar 32 dari populasi 133 siswa. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa layanan penempatan dan penyaluran di SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya dapat dikategorikan baik dengan prosentase 82,9 %. Hal ini dapat dilihat dari layanan penempatan dan penyaluran membantu peserta didik dalam merencanakan masa depannya, dan dapat memahami potensi diri dalam lingkungannya serta bakat dan minat juga tersalurkan. Pemilihan jurusan di SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya dapat dikategorikan baik dengan prosentase 82 %. Hal ini dapat dilihat bahwa pemilihan jurusan dipengaruhi oleh bakat dan minat karena layanan penempatan dan penyaluran sudah dilaksanakan dengan baik. Adapun instrument pengumpulan data yang digunakan adalah skala pengaruh layanan penempatan dan penyaluran terhadap pemilihan jurusan, kemudian data tersebut diolah dan dianalisa dengan menggunakan teknis analisis stastik korelasi product moment diperoleh harga koefisien korelasi 0,309 dengan signifikasin 5%=0,349 dan 1%=0,449 dari hasil tersebut terbukti pengaruh lemah atau rendah dari layanan penempatan dan penyaluran terhadap pemilihan jurusan di SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Alifatur--UNSPECIFIED
Subjects: Layanan
Manajemen Pendidikan
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Layanan penempatan dan penyaluran; pemilihan jurusan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 08:54
Last Modified: 01 Nov 2018 02:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21558

Actions (login required)

View Item View Item