Studi komparasi hasil belajar antara kelas yang menggunakan media gambar dengan kelas yang menggunakan media power point pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Mojoanyar Mojokerto

Setiyorina, Sulis (2012) Studi komparasi hasil belajar antara kelas yang menggunakan media gambar dengan kelas yang menggunakan media power point pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Mojoanyar Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sulis Setiyorina_D01208151.pdf

Download (11MB)

Abstract

Dalam penelitian yang berkaitan dengan media pembelajaran yang penulis buat, penulis mencoba mengangkat masalah yang bertemakan "Studi komparasi hasil belajar antara kelas yang menggunakan media gambar dengan media power point pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Mojoanyar Mojokerto", dalam penelitian ini terdapat 3 permasalahan yaitu: (1) Bagaimana hasil belajar dengan menggunakan media gambar?. (2) Bagaimana hasil belajar dengan menggunakan media power point? (3) Adakah perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar dengan media power point? Penelitian lill menggunakan metode kuantitatif, dengan analisisnya menggunal\an statistik komparasionaJ. Adapun pengumpulan dat.a dilakukan dengan interview, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang menggunakan media gambar dan menggunakan media power point di SMP Negeri l Mojoanyar, peneliti menggunakan rumus ''t-hitung (uji-t). Setelah penelitian dilakukan dan menganalisis data-data hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAl yang menggunakan media gambar dan menggunakan media power point, didapat hasil belajar dengan menggunakan media gambar sebesar 84,2 dengan prosentase yang lebih dari rata-rata adalah 91% dan kurang dari rata­ rata adalah 9%, sedangkan yang menggunakan media power point adalah 76,7 dengan prosentase yang lebih dari rata-rata adalah 84% dan kurang dari rata-rata adalah 16% kemudian dibandingkan atau dikonsultasikan dengan t-tabel yang sesuai dengan jumlah sampel pada derajat perbedaan/db/df= 62 dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,00. Sedangkan t hitung adalah 2,67 dengan demikian hasil t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 2,67 > 2,00 maka dapat penulis simpulkan bahwa hipotesa kerja (Ha) diterima sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak, artinya ada perbedaan basil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI yang menggunakan media gambar dan media power point di SMP Negeri 1 Mojoanyar Mojokerto.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhri, Ach. Muhibbin
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; media gambar; media power point; studi PAI
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 08:31
Last Modified: 05 Dec 2017 08:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21556

Actions (login required)

View Item View Item