Studi kompetensi guru PAI bersertiflkat pendidik dan belum bersertifikat pendidik dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMK Krian 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asrunnizar, Hanum (2012) Studi kompetensi guru PAI bersertiflkat pendidik dan belum bersertifikat pendidik dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMK Krian 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hanum Asrunnizar_D01208189.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kebijakan pemerintah yang menghasilkan generasi bangsa yang berkompeten tidak lain adanya campur tangan seorang guru yang profesional. Salah satu terobosan yang sedang dilakukan pemerintah adalah melakukan standar kompetensi dan sertifikasi guru. Sertifikasi merupakan sarana atau instrumen untuk mencapai suatu tujuan, bukan tujuan itu sendiri. Perlu adanya kesadaran dan pemahaman darisemua pihak bahwa sertifikasi adalah sarana untuk menuju kualitas. Guru yang sudah mengikuti sertifikasi,tujuan utama bukan untuk mendapatkan tunjangan profesi, melainkan untuk dapat menunjukkan bahwa yang bersangkutan telah memiliki kompetensi sebagai syaratstandar kompetensi guru, tunjangan profesi adalah konsekuensi logis yang menyertai adanya kemampuan yang dimaksud, dengan menyadari hal ini maka guru tidak akan mencari jalan lain guna memperoleh sertifikat profesi, maka sertifikasi akan membawa dampak positif, yaitu meningkatkan kualitas guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kompetensi Guru PAI bersertifikat pendidik dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMK Krian 1 Sidoarjo, (2) Bagaimana kompetensi guru PAI belum bersertifikat pendidik dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMK Krian 1 Sidoarjo, (3) Bagimana perbandingan kompetensi guru PAI bersertifikat pendidik dan belum bersertifikat penddidik dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMK Krian 1 Sidoarjo. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan studi komparasi, adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMK Krian 1 Sidoarjo yang dilakukan oleh guru PAI bersertifikat pendidik dan belum bersertifikat pendidik tidak terdapat perbedaan. Perbedaan itu ada tetapi dalam sisi yang lain, bukan dalam penelitian ini.Jadi kompetensi yang dimiliki guru PAI di SMK Krian 1 Sidoarjo sama dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Karena pelaksanaan itu harus disesuaikan dengan kondisi, situasi dan lingkungan siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asrunnizar, HanumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; evaluasi; sertifikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 08:12
Last Modified: 05 Dec 2017 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21554

Actions (login required)

View Item View Item