Upaya Kepala Sekolah dalam Menangani Siswa Pecandu Televisi Kabel di MI Bustanul Ulum Sumberanyar- Rowokangkung Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

‘Aliyyah, Himmatul (2011) Upaya Kepala Sekolah dalam Menangani Siswa Pecandu Televisi Kabel di MI Bustanul Ulum Sumberanyar- Rowokangkung Lumajang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himmatul ‘Aliyyah_D3320603.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : realitas siswa pecandu televisi kabel di MI Bustanul Ulum, Upaya kepala sekolah dalam menangani siswa pecandu televisi kabel di MI Bustanul Ulum. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data penulis menggunakan pengamatan berperan serta (observasi), metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya kepala sekolah dalam menangani siswa pecandu televisi kabel di MI Bustanul Ulum telah diupayakan secara optimal, namun dalam proses pembelajaran belum tercapai secara maksimal. Hal ini terlihat dengan munculnya berbagai problematika diantaranya adalah probiematika yang dihadapi oleh madrasah (guru) meliputi: masih adanya siswa yang kurang disiplin, kurang adanya kekompakan di antara para guru, masih terbatasnya sarana dan prasarana madrasah, adanya kecenderungan orang tua siswa menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya kepada madrasah (guru). Problematika yang dihadapi oleh siswa meliputi: masih sulit untuk melepaskan kebiasaan menonton televisi kabel diwaktujam pelajaran sekolah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika-problematika tersebut adalah upaya yang dapat dilakukan oleh madrasah (guru) yaitu: berusaha semaksimal mungkin dengan memperbaiki proses pembelajaran dengan memberikan pengertian terhadap siswa baik dari sisi materi pendidikan maupun sisi keteladanan, mensosialisasikan arti disiplin dan pentingnya mematuhi peraturan madrasah baik di dalam kelas maupun di luar serta memberikan sangsi bagi siswa yang melanggamya, menjalin kekompakkan di antara para guru yaitu dengan diadakannya rapat koordinasi di antara para guru di bawah koordinasi kepala madrasah, mengupayakan untuk melengkapi sarana dan prasarana madrasah. Adapun upaya yang dapat dilakukan oleh siswa MI Bustanul Ulum yaitu: siswa masih bersikap pasif. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
‘Aliyyah, Himmatul--UNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Perilaku
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah; Siswa Pecandu Televisi Kabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 07:35
Last Modified: 01 Nov 2018 02:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21552

Actions (login required)

View Item View Item