Upaya guru pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai pluralisme agama pada siswa di SMA Negeri 10 Jemursari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, M. Aly (2011) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai pluralisme agama pada siswa di SMA Negeri 10 Jemursari Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Aly Fahmi_D01206242.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berbicara mengenai kehidupan keagamaan di sekolah, maka akan menggiring pemahaman setiap orang bahwa, sekolah tak ubahnya sebagai sebuah laboratorium pluralisme. Begitu pula halnya SMA Negeri 10 Jemursari Surabaya, adalah sebuah lembaga pendidikan menengah yang merangkul berbagai macam peserta didik dengan berbagai macam latar belakang agama maupun etnis. Perbedaan latar belakang agama dan etnis yang terdapat pada masing-masing individu masyarakat sekolah tersebut kemudian disikapi, disadari serta diterima dengan ketulusan hati, sehingga melahirkan sebuah masyarakat sekolah yang harmonis. Akan tetapi, sebenarnya kesadaran akan kemajemukan itu seharusnya tidak hanya ada pada guru atau staf pengajar saja, melainkan juga harus ditanamkan pada din i setiap peserta didik, sehingga peserta didik tidak hanya tahu bahwa mereka hidup dalam kemajemukan agama, tapi mereka juga mengetahui nilai-nilai yang tersembunyi di batik realitas pluralisme agama di sekolahnya dan pada gilirannya mereka mampu mengaplikasikannya dalam bentuk prilaku sehari-hari.Oleh karena itu, peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian dengan rumusan masalah sebagi berikut:1) Apa yang dimaksud dengan pluralisme agama ?, 2) Bagaimana persepsi guru pendidikan agama islam tentang nilai- nilai pluralisme agama di SMA Negeri 10 Jemursari Surabaya?, 3) Upaya apa yang dilakukan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai pluralisme agama di SMA Negeri 10 Jemursari Surabaya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik penelitian yang meliputi: wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskripsi, reduksi, dan interpretasi. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, di SMA Negeri 10 Jemursari Surabaya terdapat nilai-nilai pluralisme agama yang meliputi: 1) saling menghargai (esteeming each other), 2) saling menghormati (respecting each other), 3) tidak membeda-bedakan dalam pemberian hak kepada setiap individu, 4) tidak saling menjatuhkan (do not affronting each other), dan 5) mengakui keragaman agama sebagai bentuk sunnatullah. Kedua, upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mengaktualisasikan nilai-nilai pluralisme agama di SMA Negeri 10 Jemursari Surabaya di antaranya dengan: 1) melakukan pengembangan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan cara mengembangkan silabus, 2) memberi kepahaman kepada siswa akan arti pluralisme agama secara mendalam melalui pelajaran agama Islam yang didasarkan pada Al-Qur'an dan Hadits, 3) melakukan bimbingan-bimbingan keagamaan di luar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas, dan 4) mengaktualisasikan nilai-nilai pluralisme agama kepada siswa dengan cara menjadi sun i tauladan yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, M. AlyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Guru pendidikan agama Islam; nilai-nilai pluralisme agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 07:15
Last Modified: 05 Dec 2017 07:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21549

Actions (login required)

View Item View Item