Eksistensi lembaga pendidikan Islam di tengah masyarakat industry: studi kasus keberadaan MTs Raden Fatah di tengah masyarakat industri di Kesamben Wetan Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohyanawati, Lita (2011) Eksistensi lembaga pendidikan Islam di tengah masyarakat industry: studi kasus keberadaan MTs Raden Fatah di tengah masyarakat industri di Kesamben Wetan Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lita Rohyanawati_D31207061.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini yang berjudul " Eksistensi Lembaga Pendidikan Islam Di Tengah Masyarakat Industri (Studi Kasus Keberadaan MTs Raden Fatah Di Tengah Masyarakat Industri Di Kesamben Wetan Driyorejo Gresik), ini melatar belakangi adanya beberapa perubahan yang terjadi semenajak keadaan lembaga dan industrialisasi masuk ke desa-desa Kesamben Wetan yang pada awalnya termasuk wilayah agraris yang bertanah subur. Karena melihat lahan yang cukup bagus dan berpotensi untuk didirikannya bangunan perindustriaan atau pabrik-pabrik dalam lingkungan masyarakat industri untuk berada di lembaga-lembaga yang ada di Kesamben Wetan.maka beberapa orang yang melebihi pendapatnya datang dengan sendirinya untuk memberi bantuan untuk memberi shadaqah kepada lembaga-lembaga seperti sekolah MTs Raden Fatah. Dengan masuknya industrialisasi tersebut maka lama kelamaan kehidupan dan i segi agama mereka. Selain itu masyarakat industri yang ada di desa Kesamben Wetan bukan semua warga ash i tetapi sebagian dan i daerah tetangga atau biasa di namakan dengan orang pendatang yang membawa perubahan baru bagi masyarakat desa Kesamben Wetan. Pernyataan di atas ini kemudian oleh peneliti jadikan beberapa rumusan masalah pertanyaan yang terbagi atas 2 poin yaitu : 1. Bagaimana mendeskripsikan Eksistensi Lembaga Pendidikan Islam di Mts Raden Fatah Kesamben Wetan Driyorejo Gresik? 2. Bagaimana kondisi masyarakat di tenaah masyarakat industri? Masyarakat Kesamben Wetan pada umumnya mempercayai MTs Raden Fatah bahwasanya mampu mencetak anak didik yang yang mempunyai bakat, minat dan pengetahuan yang lebih unggul dan i pada sekolah-sekolah yang berada lingkungan masyarakat Driyorejo. Dalam mendeskripsikan Eksistensi Lembaga Pendidikan Islam di MTs Raden Fatah. Adapun metode penelitian yang di pergunakan adalah metode penelitian kualitatif diskriptif yang artinya menggambarkan dan menjelaskan tentang obyek dan focus dan i penelitian tersebut sesuai dengan judul di atm. Dalam metode penelitian ini ada beberapa tahap yang di gunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan analisis data yang di pakai adalah dengan menggunakan teori sebagai landasannya yang kemudian di padukan dengan temuan data dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohyanawati, LitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Industri Kecil
Masyarakat
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Eksistensi; lembaga pendidikan Islam; masyarakat industri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 07:07
Last Modified: 05 Dec 2017 08:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21548

Actions (login required)

View Item View Item