Pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi Fiqih Kelas XI Di SMA Yayasan Pondon Pesantren Nurul

Munawaroh, Kholifatul (2012) Pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi Fiqih Kelas XI Di SMA Yayasan Pondon Pesantren Nurul. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kholifatul Munawaroh_D51208023.pdf

Download (709kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21547

Abstract

Pendidikan adalah merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari - hari, oleh karena itu untuk mendapatkan hasil pendidikan yang baik dan maksimal, kita juga harus memperhatikan faktor - faktor yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar diantaranya adalah metode dan media. Pada umumnya siswa yang proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi akan lebih di fahami oleh anak-anak dari pada metode ceramah, dalam dirinya selalu ingin maju dan mempunyai semangat yang tinggi dalam belajar, sedangkan prestasi belajar merupakan tolok ukur bagi suatu keberhasilan proses belajar siswa dan dari situlah maju atau mundumya suatu lembaga dapat dilihat. Dengan demikian betapa sangat pentingnya meningkatkan prestasi belajar siswa. Berawal dari sini penulis tertarik untuk meneliti pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar dalam bidang studi fiqih kelas XI di SMA Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Sencaki Surabaya. Dalam penelitian ini Siswa SMA Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda beijumlah 82 akan tetapi yang menjadi obyek penelitian adalah siswa SMA kelas XI Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda yang beijumlah 36 siswa, maka dalam penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Adapun paradigma dalam penelitian ini adalah pengaruh variabel X terhadap Y yakni pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar. Hasil yang diperoleh setelah menganalisa dan menggunakan beberapa uji secara statistik, maka diketahui hasil r hitung adalah 0,087 kemudian dikonsultasikan dengan r tabel product momen taraf signiflkan 5 % ( 0,075 ), maka r hitung ( 0,087 ) lebih besar dari r tabel product moment taraf signiflkan 5 % ( 0,075 ). Dari sini dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signiflkan antara metode demonstrasi terhadap prestasi belajar di SMA Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Sencaki Surabaya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Salamah, Husniyatus
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi; prestasi belajar; materi Fiqih
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 06:53
Last Modified: 01 Nov 2018 02:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21547

Actions (login required)

View Item View Item