Implementasi metode Buzz Group dalam meningkatkan minat belajar pendidikan agama Islam di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chikmiyah, Masfufatul (2012) Implementasi metode Buzz Group dalam meningkatkan minat belajar pendidikan agama Islam di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Masfufatul Chikmiyah_D31208060.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui penerapan metode buzz group pada materi Pendidikan Agama Islam di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dalam rangka meningkatkan minat belajar PAI khususnya pada pokok bahasan Zakat. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif peneliti merumuskan masalahnya sebagai berikut: 1. Bagaimana penerapan metode buzz group pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada pokok bahasan Zakat siswa kelas X di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo? 2. Bagaimana minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo? 3. Bagaimana implementasi metode buzz group pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo? Dalam penelitian ini pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling dan snowball sampling. Dimana dalam penentuan sampel dilakukan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal. Dan i hasil pengumpulan data dan analisis data di lapangan peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut: Penerapan metode diskusi buzz group yang dilakukan oleh guru di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo pada saat proses belajar mengajar berlangsung baik, hal ini dilihat dan i pelaksanaan metode buzz group antara lain: guru membentuk 3-6 kelompok siswa, menentukan permasalahan yang akan dibahas oleh kelompok kecil, membantu siswa menunjuk satu orang untuk melaporkan hasil diskusinya, mempersilahkan siswa bertanya tentang permasalahan yang belum dimengerti, membantu memecahkan masalah untuk menjawab pertanyaan, menyimpulkan hasil diskusi, dan mengevaluasi tentang kelemahan serta manfaat diskusi. Minat belajar dan i siswa kelas X-5 di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo meningkat, hal ini dapat di ketahui pada pelaksanaan diskusi kelompok kecil minat siswa yang tampak dan i partisipasi/perbuatan, perhatian yang ditunjukkan siswa pada saat penerapan metode buzz group, Serta perasaan senang yang dikemukaan beberapa siswa kelas X-5 pada saat wawancara. Mengenai hasil dan i implementasi metode buzz group dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo sangat baik hal ini dapat dilihat dan i 60% siswa mendengarkan dan meningkatkan perhatian pada guru, mampu bekerjasama dengan baik, dapat berkomunikasi dengan memberikan masukan serta pendapatnya dalam diskusi kelompok kecil, dan 40% siswa tampil berani di depan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusinya, mengemukakan pendapatnya, melalcukan tanya jawab serta memahami penjelasan dan i diskusi kelompok besar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chikmiyah, MasfufatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Buzz Group; pendidikan agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2017 07:42
Last Modified: 04 Dec 2017 07:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21536

Actions (login required)

View Item View Item