Eksistensi pesantren dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat dalam bidang pendidikan di ponpes Mamba'us Sholihin Manyar Gresik

Alifi, Zukhrufin (2011) Eksistensi pesantren dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat dalam bidang pendidikan di ponpes Mamba'us Sholihin Manyar Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zukhrufin Alifi_D01207078.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan segala usaha yang dilakukan untuk mendidik manusia sehingga dapat tumbuh dan berkembang serta memiliki potensi atau kemampuan sebagaima mestinya. Secara umum dapat dikatakan bahwa pendidikan menjadi saJah satu ebutuhan dasar masyarakat. Karena dengan untuk tetap survive menjalani roda kehiddpan,manusia hams berbekal pendidikan. Mekgingat pentingnya pendidikan bagi masyarakat, maka di era globalisasi yang sema!kin kompetitif ini, masyarakat mulai membutuhkan menu-menu baru dalam dunia pendidikan, seperti halnya dalam dunia pendidikan pesantren. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua, dan juga indegenius Indonesia diharapkan dapat terns eksis menjalankan kiprahnya. Oleh karenanya, bagaimana upaya-upaya yang telah Idilakukan oleh pesantren untuk dapat menjaga eksistensi dari psantren tersebut. ..Npakah nantinya upaya yang telah dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat ataukah tidak. Daq latar belakang di atas muncullah rumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana l persepsi masyarakat terhadap keberadaan atau ek:sistensi pesantren Mamba'us Sholihin (2) Apa saja kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang bisa diharapkan dari pesantren Mamba'us Sholihin. (3) Usaha- usaha apa yang telah dilakukan oleh pesantren Mambaus Sholihin daJam memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat daiam bidang pendidikan,( 4) Seberapa jauh kontribusi pesantren Mambaús Sholihin dalam pemenuhan kebutuhan dan tuntunan masyarakat dalam bidang pendidikan. Skripsi ini merupakan penelitian deskriptif tentang eksistensi pesantren Mambaús Sholihin dalam pemenuhan kebutuhan dan tuntutan masyarakat dalam bidang pendidikan. Dari penelitian ini penulis menggunakan metode yaitu observasi, interview, dokumentasi dalam pengumpulan data. Kemudian dari hasil pengumpulan data Pesantren Mambaús Sholihin hingga saat ini masih eksis dalam melakukan upaya pemenuhan kebutuhan dan tuntutan masyarakat dalam bidang pendidikan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mustofa, Mustofa
Uncontrolled Keywords: Pesantren; tuntutan masyarakat; pendidikan
Subjects: Masyarakat
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2017 01:37
Last Modified: 04 Dec 2017 01:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21534

Actions (login required)

View Item View Item