Peranan halaqah di SMA Mujahidin Perak Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiroh, Anisatul (2012) Peranan halaqah di SMA Mujahidin Perak Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisatul Khoiroh_D1208094.pdf

Download (10MB)

Abstract

Dalam mengembangkan pendidikan agama Islam, banyak hal yang bisa dilakukan, diantaranya dengan menggunakan sistem pembelajaran demi efektifitas pembelajaran agama Islam. Dengan metode-metode tersebut, diharapkan proses pembelajaran dapat menyentuh tiga aspek yalcni: kognitif, psikomotorik, dan afektif. Dalam hal ini, penulis berupaya mendeskripsilcan dan meneliti salah satu
sistem tertua dalam sejarah pendidikan Islam, yalcni sistem Halaqah. Halaqah adalah sebuah istilah yang ada hubungarmya dengan dtmia pendidikan, lchususnya pendidikan atau pengajaran Islam (tarbiyah Islamiyah). Istilah halaqah (lingkaran) biasanya digunakan untuk menggambarkan sekelompok kecil muslim yang secara rutin mengkaji ajaran Islam. Mereka mengkaji Islam dengan minhaj (kurilculum) tertentu. Sistem halaqah ini telah diadopsi oleh salah satu sekolah di Surabaya, yalcni SMA Mujahidin Perak Surabaya. Dengan sistem ini, siswa diajak berdislcusi di luar kelas terkait kajian-kajian keislaman. Hal ini bertujuan menambah wawasan keislaman dan menumbuhlcembangkan kajian-kajian keislaman tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiantan halaqah yang di laksanakan di SMA Mujahiddin Perak Surabaya dan pengetahui peranannya di sekolah tersebut.
Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian: 1. Pendekatan dan Jenis Penelitian: Deslcriptif Kualitatif, 2. Sumber Data: Sumber Data Primer kepala SMA Mujahidin Perak Surabaya, Waka kurilculum dan guru PAI di SMA Mujahidin Perak Surabaya dan sumber sekunder yang relevan. 3. Tehnik Pengumpulan Data: Metode Observasi, Metode Wawancara, dan Metode Dolcumentasi. 4. Analisis Data: Reduksi Data, Sajian Data, dan Verifikasi dan Simpulan Data. Kesimpulan: Dengan kegiatan halaqah, para siswa sangat antusias dalam memerima materi. Hal itu dibuktikan dengan aktifnya proses pembelajaran ketikan dilaksanakan sistem halaqah mi. Dalam penerapannya, kegiatan halaqah di SMA Mujahidin menggunakan metode, diantaranya: ceramah, hafalan dan sun tauladan. Keberadaan halaqah dapat memberikan manfaat dalam pembentukan kepribadian siswa SMA Mujahidin Perak Surabaya. Dalam hal ini halaqah memililci relevansi dengan tujuan Pendidikan dalam Islam, yaitu: pembinaan akhlaq, penguasaan ilmu, keterampilan bekerja dalam masyarakat, pengajaran kebudayaan, pembentukan kepribadian, bertaqwa kepada Allah SWT, dan menyiapkan anak didik untuk hidup di dunia dan akhirat. Sistem pembelajaran halaqah ini dapat mengembanglcan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiroh, AnisatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Halaqah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2017 08:30
Last Modified: 30 Nov 2017 08:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21532

Actions (login required)

View Item View Item