فعالية تطبيق تقنية جيغساو بلعبة الجملة لترقية مهارة القراءة بالمدرسة "منبع المعارف" الثانوية بانيواتس سامبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Humaidi, Muhammad Aflah (2012) فعالية تطبيق تقنية جيغساو بلعبة الجملة لترقية مهارة القراءة بالمدرسة "منبع المعارف" الثانوية بانيواتس سامبانج. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Aflah Al Humaidi_D02208062.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan sal ah satu hal penting yang menentukan kesuksesan sebuah pembelajaran. Terlebih di zaman sekarang ini dimana dunia pendidikan menghadapi berbagai tantangan. Salah satunya dari segi efektivitas pembelajaran dan juga dari aspek peserta didik yang membutuhkan metode yang lebih segar untuk mengatasi kejenuhan selama proses pembelajaran di kelas. Begitu pula halnya pada Pendidikan Bahasa Arab. Salah satu jawaban atas tantangan dunia pendidikan tersebut adalah Metode Pembelajaran Kooperatif teknik Jigsaw. Dimana telah diteliti dan diterapkan oleh para praktisi pendidikan di indonesia dan disesuaikan dengan konteks indonesia. Namun dari berbagai penelitian dan penerapan tersebut masih jarang yang digunakan dalam Pembelajaran Bahasa Arab terutama untuk pembelajaran keterampilan membaca. Oleh karena hal itu, menjadi menarik untuk mengangkat sebuah penelitian terhadap Jigsaw untuk mepelajari keterampilan membaca dalam pembelajaran Bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari efektivitas penerapan model pembelajaran Metode Jigsaw dengan menggunakan permainan Kalimat untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab di MA Mamba’ul Ma’arif Banyuates Sampang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan post-test dengan observasi, angket, dokumentasi. Hasil pembelajaran menggunakan model pembelajaran ini meningkatkan keterampilan membaca siswa MA Mamba’ul Ma’arif Banyuates Sampang, hal ini bisa kita lihat dari nilai yang diperoleh siswa dari sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran (63,3% berbanding 78,4%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Humaidi, Muhammad Aflah--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw; permainan bahasa; keterampilan membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2017 08:24
Last Modified: 01 Nov 2018 01:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21531

Actions (login required)

View Item View Item