Pengaruh media pembelajaran flash card terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Arditama Tambak Sumur Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husniyah, Ely (2011) Pengaruh media pembelajaran flash card terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Arditama Tambak Sumur Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ely Husniyah_D01208124.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini media pembelajaran flash card adalah salah satu media pembelajaran yang sangat membantu agar seorang siswa lebih cepat dalam memahami materi PAI yang diajarkan secara formal di sekolah, karena media tersebut disajikan berupa gambar-gambar, dengan begitu siswa akan lebih mudah menerima materi pelajaran, karena mereka mengetahui sesuatu yang kongkrit. Flash card adalah media pembelajaran visual berupa kartu kecil yang ukurannya dapat disesuaikan dengan besar kecilnya kelas yang dihadapi serta berisi gambar, teks atau tanda symbol yang mengingatkan atau menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan media pembelajaran flash card di SMP Arditama Tambak Sumur Waru Sidoarjo. (2) Bagaimana pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Arditama Tambak Sumur Waru Sidoarjo (3) Apakah ada pengaruh media pembelajaran flash card terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Arditama Tambak Sumur Waru Sidoarjo. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa di SMP Arditama yang terdiri dan i 9 siswa kelas VII, 9 siswa kelas VIII, 9 siswa kelas IX A dan 9 siswa kelas IX B. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penyajiannya penulis menguraikan secara jelas tentang obyek yang diamati serta menyajikannya dalam bentuk angka. Adapun telcnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dokumen nilai-nilai. Analisis yang digunakan adalah: (1) Analisis Deslcriptif tentang penerapan media pembelajaran flash card; (2) Analisis Statistik dengan menggunakan rumus Prosentase untuk mengetahui tentang penerapan media pembelajaran flash card, rumus Mean untuk mengetahui tentang pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI dan rumus Product Moment Untuk menganalisis tentang pengaruh media pembelajaran flash card terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAT di SMP Arditama Tambak Sumur Warn Sidoarjo. Berdasarkan masalah tersebut diatas dan setelah dianalisa dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan media pembelajaran flash card adalah baik; (2) Pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI juga tergolong baik; (3) Pengaruh media pembelajaran flash card terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Arditama Tambak Sumur Waru Sidoarjo, berdasarkan analisis diperoleh dan i persamaan regresi linier y=24,65+2,2x, "rxy" hasil perhitungan = 0,67 dengan jumlah responden 36 siswa, r pada tabel koefisien korelasi product moment taraf signifikan 5% adalah 0,339. Jadi "rxy" perhitungan lebih besar dan i nilai "r" pada tabel, maka hipotesis kerja diterima. Adapun pengaruh media pembelajaran flash card terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Arditama Tambak Sumur Waru Sidoarjo adalah tergolong cukup, hal ini berdasarkan pada "r" perhitungan yaitu 0,67 yang berada pada rentangan 0,41-0,70 yang mana interpretasinya adalah sedang atau cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husniyah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; flash card; PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2017 08:09
Last Modified: 30 Nov 2017 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21529

Actions (login required)

View Item View Item