Peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV MI Roudlotui Banat Taman Sidoarjo melalui metode kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Boy Faid (2011) Peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV MI Roudlotui Banat Taman Sidoarjo melalui metode kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Boy Faid Yusuf_D07208071.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti, temyata di MI roudlotul Banat Taman Sidoarjo, Selama ini metode yang digunakan dalam pembelajaran PKn adalah ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Metode ceramah masih menjadi pilihan dalam penyampaian mated, sehingga siswa cenderung bosan, dan kurang bersemangat untuk belajar. Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Bagaiman hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn di MI Roudlotul Banat Taman Sidaoijo? 2) Bagaimana penerapan metode Think Pair Share (TPS) kelas IV di MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo ? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo pada pembelajaran PKn melalui metode Think Pair Share (TPS)? Adapun tujuan yang ingin diketahui dari permasalahan tersebut diatas adalah: 1) Untuk menjelaskan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn di MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. 2) Untuk menjelaskan penerapan metode Think Pair Share (TPS) kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. 3) Untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo pada pembelajaran PKn. Think Pair Share adalah suatu metode kooperatif yang memberi siswa waktu untuk berfikir dan merespon serta saling bantu satu sama lain. Metode ini memperkenalkan ide “waktu berfikir atau waktu tunggu” yang menjadi faktor kuat dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam merespon pertanyaan. Hasil merupakan pemahaman yang didapat serta penguasaan nilai-nilai yang terdapat dalam kurikulum. Sehingga hasil dapat diukur dengan nilai yang di dapat dari pengadaan tes maupun evaluasi belajar. Tahapan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Dari hasil analisa menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, Boy Faid--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif; metode Think Pair Share; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2017 07:24
Last Modified: 01 Nov 2018 01:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21526

Actions (login required)

View Item View Item