Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pendidikan agama islam siswa yang tinggal di pondok pesantren SMP an-Najiyah Surabaya

Mansyur, Abdulloh (2011) Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pendidikan agama islam siswa yang tinggal di pondok pesantren SMP an-Najiyah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdulloh Mansyur_D01304097.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar baik jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh karena itu, guru mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang strategis. Hal tersebut berorientasi dalam rangka penyelenggaraan pendidikan, guru memegang peranan yang sangat penting. Dengan otoritas yang begitu besar, seorang guru tidak menutup kemungkinan untuk tampil sebagai sosok yang membosankan, tidak bisa menjadi idola bagi siswa. Untuk itu guru perlu mengevaluasi proses belajar mengajarnya di dalam kelas sebagai perbaikan kinerjanya. Permasalahan yang ingin di angkat dalam skripsi ini berkaitan erat dengan gambaran tentang bagaimana prestasi belajar pendidikan agama islam di SMP An- Majiyah Surabaya dan faktor- faktor yang rnempengaruh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Anafisa data deduksi -induksi. Adapun metode pengumpufan datanya dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan check list. Dari penelitian yang dilakukan dihasilkan beberapa data mengenai prestasi belajar pendidikan agama islam SMP An-Najiyah dapat diketahui melalui observasi, dokumentasi dan chek list. Sedangkan faktor- faktor penyebab meliputi partisipasi siswa yang kurang, dengan mengubah metode ceramah menjadi diskusi sehingga siswa lebih partisipasif. Metode evaluasi yang bersifat menegangkan menjadi lebih rileks dengan menggunakan tes lisan yang memakai card, yang setiap card berisi 6 item pertanyaan yang harus di jawab oleh siswa. Kurangnya kefasihan dalam membaca dan mcmahami Al-Quran sehingga diadakan kegiatan ekstrakulikuler Tartil untuk meningkatkannya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Syaifuddin, Syaifuddin
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; PAI; pondok pesantren
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pesantren
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2017 08:38
Last Modified: 29 Nov 2017 08:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21521

Actions (login required)

View Item View Item