Aktualisasi humanisme dalam pendidikan Islam: studi komparatif pemikiraan Ali Syari’ati dengan Abdurrahman Mas’ud

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyid, Abdul (2011) Aktualisasi humanisme dalam pendidikan Islam: studi komparatif pemikiraan Ali Syari’ati dengan Abdurrahman Mas’ud. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdul Rosyid_D01207113.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. pengertian humanisme dalam pendidikan Islam ; 2. Pemikiran Ali Syari’ati dan Abdurrahman Mas’ud tentang humanisme dalam dunia pendidikan Islam ; 3. Relevansi dan aktualisasi pemikiran humanisme Ali Syari’ati dan Abdurrahman Mas’ud dalam dunia pendidikan Islam masakini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan (Library Research), yaitu mengadakan studi secara teliti literatur- literatur yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan hermeneutika yang berarti menafsirkan. Disamping pendekatan ini berguna dalam menafsirkan pemikiran, pendekatan ini juga berguna dalam mencari relevansi dan aktualisasi pemikiran sesuai dengan kontek sekarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Humanisme dalam dunia pendidikan Islam adalah proses pendidikan yang lebih memperhatikan aspek potensi manusia sebagai makhluk yang diberi kesempatan oleh Allah untuk mengembangkan potensi- potensinya. Pemikiran humanisme Ali Syari’ati dalam pendidikan Islam adalah manusia harus menjadi pelaku, sehingga manusia bisa merdeka, sedangkan faktor terpenting dalam proses ini adalah kesadaran. Kemudian melalui sistem pendidikan non dikotomik, pemikiran humanisme Abdurrahman Mas’ud menempatkan fitrah manusia baik secara vertikal maupun horizontal. Aktualisasi humanisme dalam dunia pendidikan Islam merupakan sebuah upaya perwujudan ataupun manifestasi dari proses pengej awantahan diri dalam dunia pendidikan Islam. Dalam aktualisasinya, meskipun manusia bersifat merdeka dalam mencari ilmu pengetahuan, tetapi maksud dari mencari pengetahuan itu adalah menanamkan “kebaikan” atau “kedamaian” kepada manusia. Karena itu, ilmu pengetahuan tersebut harus selalu diorientasikan untuk tujuan pengabdian mencari ridha Allah SWT. Berdasar hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Islam dan Humanisme
Pendidikan Islam
Pemikiran
Uncontrolled Keywords: Humanisme; pendidikan Islam; pemikiran Ali Syariáti dan Abdurrahman Masúd
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2017 08:23
Last Modified: 29 Nov 2017 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21519

Actions (login required)

View Item View Item