Penerapan metode permainan tipe make-a-match and articulation untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran al-Qur’an Hadits kelas VII A di Sekolah MTs NU Berbek Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chifriya, Chifriya (2012) Penerapan metode permainan tipe make-a-match and articulation untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran al-Qur’an Hadits kelas VII A di Sekolah MTs NU Berbek Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Chifriya_D01208075.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemahaman materi berarti seseorang dapat mencari dan menemukan makna atau pengertian. Selain itu seseorang dapat mengimplikasikan dengan suatu prinsip yang nanti akan diingat dan dapat digunakannya pada situasi yang lain. Mata pelajaran A1 Qur’an Hadits adalah mata pelajaran agama Islam yang titik tekannya bertumpu pada kemampuan membaca Al-Qur’an dan hadis, pemahaman surat-surat pendek, serta mengaitkan kandungan Al-Qur’an dan hadis dengan kehidupan sehari- hari yaitu dalam prilaku yang memancarkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah NU Berbek Warn Sidoaijo masih kurang maksimal. Salah satu bentuk pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa adalah dengan menggunakan permainan Make A-Match dan Articulation (Artikulasi). Metode pembelajaran make A-Match adalah salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada bentuk permainan dengan mencari pasangan melalui media kartu-kartu yang berisi satu tema atau satu topik sedangkan metode artikulasi menekankan pada keterampilan berbicara dan berani tampil untuk menyampaikan apa yang telah dipelajarinya, sehingga ia akan lebih mampu untuk menyerap materi pelajaran dengan baik. Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang perlu dijawab, meliputi Bagaimana penerapan metode permainan tipe make - a match and articulation dalam materi pembelajaran al-Qur’an Hadits kelas VII A di MTs NU Berbek Warn Sidoaijo. Bagaimana pemahaman siswa kelas VIIA dalam materi pelajaran al-Qur’an Hadits. Apakah metode permainan tipe make - a match and articulation dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran al-Qur’an Hadits kelas VII A di MTs NU Berbek Warn Sidoaijo. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses pemecahan masalah yang dihadapi di kelas dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs yang sedang menempuh semester genap 2011/2012. Siswa beijumlah 23 siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chifriya, ChifriyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Al Qur'an
Hadis
Uncontrolled Keywords: Make-a-match; articulation; materi al-Qur’an Hadits
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2017 08:17
Last Modified: 29 Nov 2017 08:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21518

Actions (login required)

View Item View Item