Intensitas keagamaan pemahat patung di Desa Watu Sumpak Trowulan Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ruliana, Hevi (2009) Intensitas keagamaan pemahat patung di Desa Watu Sumpak Trowulan Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hevi Ruliana_E02205019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pokok masalah yang akan diteliti dalam pelitian ini adalah: bagaimana pandangan Islam terhadap profesi pemahat patung Tuhan?, bagaimana tingkat pemahaman dan pengamalan pemahat patung Tuhan, dan faktor- faktor apakah yang berpengaruh terhadap profesi pemahat patung Tuhan?. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari literature dan pemahat patung Tuhan. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumen. Karena jenis penelitian ini adalah penelitian kasus, maka sumber data melalui individu- individu bukan populasi dan sampel tetapi beberapa orang pemahat patung yang banyak mengetahui dan menangani pembuatan patung tuhan di Trowulan. Dari peneltian ini dapat disimpulkan bahwa pandangan Islam terhadap profesi pemahat patung Tuhan ialah bahwa pekerjaan itu baik, hal ini terbukti profesi seni pahat maka hal itu boleh. Sedangkan tingkat pengamalan ibadah pemahat patung tuhan terdapat 3 kategori: pertama, baik, terbukti para pemahat masih melaksanakan shalat walaupun dalam kondisi capek karena pekerjaan berat. Kedua, sedang. Hal ini dibuktikan dengan adanya para pemahat yang melaksanakan shalat meski terkadang ada waktu shalat yang ditinggalkan. Sedangkan yang ketiga adalah kurang. Hal ini terbukti dengan adanya pengetahuan dari para pemahat bahwa shalat itu wajib hukumnya tetapi mereka tidak melaksanakannya. Diketahui bahwa faktor- faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman keagamaan mereka adalah faktor minimnya pengetahuan mereka, tingkat perekonomian dan juga faktor lingkungan yang kurang mendukung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ruliana, HeviUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Pemahat Patung; Hukum Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2017 07:54
Last Modified: 29 Nov 2017 07:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21517

Actions (login required)

View Item View Item