Efektifitas penerapan buku Muyassaroh dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Bahasa Arab di Ponpes An-Najiyah Sidosermo Dalam no. 17 Wonocolo

Tamaji, Sampiril Taurus (2012) Efektifitas penerapan buku Muyassaroh dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Bahasa Arab di Ponpes An-Najiyah Sidosermo Dalam no. 17 Wonocolo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sampiril Taurus Tamaji_D02208072.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21515

Abstract

Ponpes an-najiyah adalah salah satu lembaga pendidikan islam yang terkemuka di daerah wonocolo surabaya dan masih eksis semenjak berdiri hingga sekarang. Selain itu menjadi suatu ciri khas dari ponpes yang pembelajaran bahasa arabnya menggunakan metode membaca tanpa harokat dan hafalan. Karena menggunakan metode membaca tanpa harokat dan hafalan maka siswa dituntut untuk Iebih aktif dalam membaca dan methalaah sehingga memudahkan siswa dalam menghafal dan memahami bacaan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis menfokuskan penelitian ini terhadap penerapan metode penerapan buku muyassaroh dalam meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa arab di ponpes an-najiyah sidosermo dalam no. 17 wonocolo. Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan lima cara yaitu: pengamatan, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Setelah penulis mendapatkan data, penulis kemudian menganalisisnya sesuai dengan jenis datanya dengan menggunakan rurnus prosentase untuk mengetahui efektifitas evaluasi kemampuan membaca di ponpes an-najiyah sidosermo dalam no. 17 wonocolo. Adapun obyek yag dipilih adalah ponpes an-najiyah sidosermo dalam no. 17 wonocolo. Setelah penulis menganalisis data-data tersebut, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa penerapan buku muyassaroh sangat efektif terhadap kemampuan membaca teks bahasa arab, hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik yang menggunakan rumus T- tes menghasilkan angka 3,443 yang temyata lebih besar dari “r” tabel (5% = 2,02), dikatakan ada hubungan yang kuat antara penerapan buku muyassaroh dengan kemampuan qiroah karena berada pada posisi antara 76% -100%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sholehan, Sholehan
Uncontrolled Keywords: Muyassaroh; kemampuan membaca; Bahasa Arab
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2017 04:50
Last Modified: 01 Nov 2018 01:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21515

Actions (login required)

View Item View Item