Implementasi pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di SDN Inklusi Klampis Ngasem I Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mazidah, Nur (2012) Implementasi pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di SDN Inklusi Klampis Ngasem I Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Mazidah_D51208030.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Saat ini kondisi karakter bangsa Indonesia mengalami kemunduran. KKN, kenakalan remaja, demonstrasi dan sebagainya telah mewarnai kehidupan bangsa ini. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu cara adalah dengan memperbaiki karakter bangsa melalui penanaman nilai-nilai karakter. Dalam penanaman nilai-nilai karakter yang sangat berperan adalah pendidikan, karena pendidikan merupakan upaya sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi manusia untuk memiliki kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, dan keterampilan yang berguna bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan harus menjadi sebuah sarana penting untuk memperbaiki moral bangsa, khususnya Bangsa Indonesia. Pendidikan sebagai sebuah wahana pembaharuan dalam rangka mencetak generasi bangsa yang berkualitas. Pendidikan agama Islam merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Dalam skripsi ini, permasalahan yang dibahas yaitu; implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik, hambatan dan pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik melalui mata pelajaran PAI di SDN Inklusi Klampis Ngasem I Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya adalah; observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif. Adapun langkah-langkah dalam teknik analisis data meliputi, pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah, implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik di SDN Inklusi Klampis Ngasem I meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan meliputi kurikulum, silabus, RPP, dan bahan ajar. Pelaksanaan dan penilaian yang ada adalah penggunaan' strategi dan metode dalam proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI. Adapun hambatannya yaitu belum adanya satu bahasa antara beberapa pihak (guru, peserta didik, orang tua, dan masyarakat) tentang penanaman nilai-nilai pendidikan karakter,. adanya peserta didik yang sulit untuk diarahkan, dan peserta didik yang kurang antusias. Upaya yang dilakukan guru PAI yaitu memberikan tugas yang merangsang penanaman nilai-nilai pendidikan karakter, menciptakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan memberikan pengalaman tentang nilai-nilai karakter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mazidah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; penanaman nilai-nilai; pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2017 08:48
Last Modified: 28 Nov 2017 08:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21505

Actions (login required)

View Item View Item