Implementasi nilai-nilai budaya dan karakter Bangsa dalam pelajaran PAI di SMAN 4 Sidoarjo Tahun 2011-2012

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozaq, Abdul (2012) Implementasi nilai-nilai budaya dan karakter Bangsa dalam pelajaran PAI di SMAN 4 Sidoarjo Tahun 2011-2012. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdul Rozaq_D01208141.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan tujuan pendidikan yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pemerintah dengan serius berusaha meningkatkan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Tujuan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi dasar dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Proses pengembangan nilai-nilai yang menjadi landasan dari karakter itu menghendaki suatu proses yang berkelanjutan, dilakukan melalui berbagai mata pelajaran yang ada dalam kurikulum (kewarganegaraan, sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, bahasa Indonesia, IPS, IP A, matematika, agama, pendidikan jasmani dan olahraga, seni, serta ketrampilan). SMAN IV Sidoaijo adalah salah satu sekolah favorit di Sidoaijo. Sekolah yang beralamatkan di Jl. Raya Suko Sidoaijo ini adalah salah satu sekolah yang pertama kali ataupun sekolah yang menjadi contoh dalam penerapan “Nilai-Nilai Budaya dan Karakter Bangsa” di Jawa Timur dari sekitar 165 sekolah di Indonesia. Dalam perapan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa SMAN 4 Sidoaijo berusaha semaksimal mungkin dapat dilaksanakan oleh warga sekolah dalam kehidupan sekolah dan kesehariannya. Dalam penelitian skripsi ini dilakukan untuk mengkaji Implementasi Nilai- Nilai Budaya dan Karakter Bangsa Dalam Pelajaran PAI di SMAN 4 Sidoarjo, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan terutama pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi pribadi berperilaku baik yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode intervew, observasi, dan documentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif non statistik dengan analisis deskriptif sebagai penyajian datanya. Dari hasil analisis dibuktikan bahwa penerapan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa sebagian besar beijalan dengan baik meskipun ada beberapa program yang belum maksimal hasilnya seperti buang sampah dan kantin kejujuran. Dalam pelajaran PAI juga sudah diterapkannya nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya silabus dan RPP yang sudah mengandung nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozaq, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Budaya
Uncontrolled Keywords: Nilai budaya; Bangsa; PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2017 08:37
Last Modified: 28 Nov 2017 08:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21504

Actions (login required)

View Item View Item