Analisis strategi word of mouth terhadap keputusan konsumen memilih tabungan mudharabah di BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Muhammad (2017) Analisis strategi word of mouth terhadap keputusan konsumen memilih tabungan mudharabah di BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (338kB)

Abstract

Salah satu strategi pemasaran yang selalu menjadi fenomena yang menarik untuk dibicarakan adalah word of mouth atau biasa disebut dengan promosi dari mulut kemulut. Konsumen akan melakukan pencarian informasi secara aktif melalui word of mouth mengenai hal-hal yang mereka butuhkan. Pada penelitian ini peneliti ingin mendeskripsikan bagaimana analisis pemasaran word of mouth terhadap keputusan calon konsumen memilih tabungan Mud{a ̅rabah di BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung dari hasil wawancara dengan para konsumen, karyawan, dan manager BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik pengolahan data pada penelitian ini memiliki tahapan, yaitu Editing, Organizing, Verifying dan penemuan hasil. Teknik analisis datanya menggunakan teknik verifikatif. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dan uji transferability. Pada BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik menggunakan strategi ini karena mayoritas konsumennya adalah para pedagang-pedagang kecil dan para karyawan Petro Kimia Gresik serta masyarakat lingkungan sekitar BMT. Strategi ini dinilai berhasil karena mayoritas konsumen dari BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik memilih untuk menggunakan produk tabungan mud{a ̅rabah sesuai dari informasi yang diberikan oleh konsumen lain yang terlebih dahulu menjadi konsumen di BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik. Alasan para konsumen untuk memilih melakukan tabungan mud{a ̅rabah di BMT Nurul jannah Petrokimia Gresik dikarenakan adanya promosi WOM yang dilakukan oleh konsumen yang sudah dulu menjadi nasabah di BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik, serta persyaratannya yang mudah dan sistem bagi hasilnya yang menguntungkan para konsumen itu sendiri. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, untuk penelitian selanjutnya yang lebih baik lagi agar strategi Word of mouth ini tetap bisa berjalan dengan baik maka dari pihak BMT perlu membentuk semacam tim/kelompok yang diambil dari beberapa nasabah yang sudah lama menjadi konsumen disana untuk melakukan promosi dengan memakai strategi WOM. Dan sejauh ini strategi ini sangatlah efektif untuk menarik para nasabah disekitar lingkungan BMT Nurul Jannah Petrokimia Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Muhammadmuhammadmaulana1408@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Koperasi
Ekonomi Islam
Keywords: strategi; pemasaran word of mouth; tabungan mudhorobah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Maulana Muhammad
Date Deposited: 04 Dec 2017 02:27
Last Modified: 04 Dec 2017 02:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21495

Actions (login required)

View Item View Item