Pengembangan media pembelajaran macromedia flash berbasis website pada materi program linier di kelas VII SMA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badri, Akhmad (2012) Pengembangan media pembelajaran macromedia flash berbasis website pada materi program linier di kelas VII SMA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Akhmad Badri_D04206064.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Komputer sebagai media pendidikan belakangan ini banyak dikembangkan tak terkecuali pada bidang studi matematika. Komputer dapat menjadikan konsep matematika yang abstrak dan sulit menjadi nyata dan jelas. Pembelajaran menggimakan media komputer merupakan pembelajaran yang interaktif dan menarik. Hal ini dikarenakan sisvva dapat berhadapan langsung dengan program materi dan dapat menjalankan sendiri program materi yang disajikan. Berkaitan dengan fungsi di atas, maka fungsi komputer adalah sebagai falisitator penyampaian materi dan latihan soal. Salah satu program dalam komputer yang dapat mewakili fungsi tersebut adalah software macromedia flash 8 berbasis website adalah program yang dapat menghasilkan aplikasi dengan tampilan audio visual yang sangat baik dan menarik, sehingga program tersebut dapat digunakan untuk pembelajaran matematika. Dari pemaparan tersebut timbul pertanyaan, bagaimanakah perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan media software macromedia flash 8 berbasis website yang valid, praktis dan efektif? Untuk menjawab pertanyaan tersebut diadakanlah penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan media software macromedia flash 8 berbasis website. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan media software macromedia flash 8 berbasis website pada materi program linier di MA Jabal Noer, Taman, Sidoarjo. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi terdiri dari empat tahap. Namun pengembangan perangkat dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja karena tahap uji coba terbatas. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP dan media pembelajaran software macromedia flash 8 berbasis website. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode tes. Metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Setelah data penelitian dianalisis secara deskriptif, maka diperoleh hasil sebagai berikut: kevalidan RPP berkategori sangat valid, dan kevalidan media pembelajaran software macromedia flash 8 berbasis website terkategori sangat valid, respon siswa terkategori positif atau lebih siswa merespon dalam kategori positif, dan hasil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan secara individual dan klasikal dan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badri, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Internet
Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; media; macromedia flash; website; materi program linier
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2017 07:25
Last Modified: 27 Nov 2017 07:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21491

Actions (login required)

View Item View Item