Peran guru lulus sertifikasi dalam melaksanakan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Banat Nurul Huda Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baroya, Laila Fithrin Anfaul (2012) Peran guru lulus sertifikasi dalam melaksanakan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Banat Nurul Huda Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Laila Fithrin Anfaul Baroya_D33207003.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru yang sebelum dan sesudah lulus sertifikasi dalam melaksanakan pembelajaran di MI Banat Nurul Huda dan untuk mengetahui perbedaan peran guru kelas dan guru bidang studi yang lulus sertifikasi guru di MI Banat Nurul Huda. Sedangkan rumusan masalah yang diajukan adalah Bagaimana peran guru dalam melaksanakan pembelajaran sebelum dan sesudah lulus sertifikasi guru di MI Banat Nurul Huda Desa Kalanganyar dan bagaimana perbedaan peran guru kelas dan guru bidang studi sesudah lulus sertifikasi guru di MI Banat Nurul Huda. Secara metodologis, penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif, untuk memberikan gambaran atau fakta mengenai peran guru yang sebelum dan sesudah lulus sertifikasi dalam melaksanakan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Banat Nurul Huda. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peran setiap guru sebelum lulus sertifikasi yakni guru sebagai pengajar, dalam hal ini mereka menyampaikan pembelajaran, dengan menggunakan hanya beberapa strategi dalam menyampaikan materi dan cenderung monoton, kerap kali guru-guru tersebut menasehati ketika terdapat sikap siswa-siswanya yang tidak sesuai denga tata tertib sekolah, Sementara peran guru sesudah lulus sertifikasi bertambah mantap dan meningkat yakni: sebagaimana yang juga telah dipaparkan kepala sekolah MI Nurul Huda bahwa beliau sebagai pengelola (manager) lebih menekankan untuk pembuatan RPP, dengan adanya RPP yang telah dibuat mereka dapat merencanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif serta menyenangkan dan dengan adanya kesejahteraan yang didapat mereka lebih mudah menciptakan media-media kreatif untuk membantu memudahkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Selain itu, terdapat perbedaan peran guru kelas atau yang lebih dikenal dengan guru tematik dan guru bidang studi yang lulus sertifikasi guru di MI Banat Nurul Huda, yakni peran guru kelas lebih banyak peranannya dalam melaksanakan pembelajaran dari pada guru bidang studi seperti: guru kelas lebih mampu berperan sebagai mediator dan fasilitator serta lebih mampu membuat strategi pembelajaran dalam menyampaikan pembelajaran sesuai karakteristik siswa karena guru kelas pertemuan dengan siswa lebih banyak dan lebih banyak mata pelajaran yang diajar. Sementara itu, guru bidang studi pertemuan dengan siswa hanya beberapa tatap muka saja dan hanya mata pelajaran tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baroya, Laila Fithrin AnfaulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Peran guru; lulus sertifikasi; pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2017 04:38
Last Modified: 27 Nov 2017 04:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21488

Actions (login required)

View Item View Item