تغييرات الوزن العروضي في قي قصيدتي ابي القاسم الشابي الى الطاغية وياحماة الدين و عناصرقافيتهما

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rouf, Sodri (2012) تغييرات الوزن العروضي في قي قصيدتي ابي القاسم الشابي الى الطاغية وياحماة الدين و عناصرقافيتهما. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sodri Rauf_A81208052.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fokus permasalahan yang dikemukakan dalam skripsi ini adalah (i) apa irama (wazan) yang digunakan dalam Qasidah ”"إلى الطاغية dan "ياحماةالدين" (ii) perubahan apa yang terdapat pada Qasidah"إلى الطاغية dan "ياحماةالدين" ; (iii) apa unsur-unsur sajak ( afiyah) yang terdapat pada Qasidah " "إلى الطاغية dan "ياحماةالدين". Tujuan pembahasan ini adalah (i) untuk mengetahui irama (wazan) arudl yang ada pada Qasidah "إلى الطاغية dan "ياحماةالدين"; (ii) untuk mengetahui perubahan-perubahan yang terdapat pada Qasidah "إلى الطاغية dan "ياحماةالدين" (iii) untuk mengetahui unsur-unsur sajak (Qafiyah) yang ada pada Qasidah ""إلى الطاغية dan "ياحماةالدين". Metode pendekatan sastra yang digunakan dalam membahas permasalahan tersebut adalah pendekatan intrinsik, dengan teori Arudl dan Qafiyah, yaitu mengenai irama ( wazan) dan pembahasannya serta sajak (Qafiyah) yang terdapat pada Qasidah "إلى الطاغية yang terdiri atas 14 bait dan ياحماةالدين" yang terdiri atas 15 bait. Hasil temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa: Irama (wazan) arudl yang digunakan oleh Abu al-Qasim al-Syabi pada Qasidah "إلى الطاغية dan "ياحماةالدين" adalah bahar thawil, yaitu Bentuk perubahan yang terdapat pada Qasidah "إلى الطاغية dan "ياحماةالدين" adalah: (i) Zihaf qabad, (ii) Zihaf kuf, (iii) Zihaf yang menempati tempat illat, (iv) Tidak ada illat dan illat yang menempati ternpat zihaf pada Qasidah ""إلى الطاغية dan "ياحماةالدين". Unsur-unsur Qafiyah yang terdapat pada Qasidah"إلى الطاغية dan "يا حماةالدين" adalah: Kata-kata Qafiyah terdiri dari: (i) Satu kata,(ii)Sebagian kata,(iii) Satu kata dan sebagian kata, Huruf-huruf Qafiyah terdiri dari:(i)Rawi,(ii) Washal,(iii) Khuruj,(iv)Ta'sis,(v) Dakhil, Harakat-harakat Qafiyah terdiri dari:(i)Mujra,(ii)Isyba',(iii)Ras, Bentuk-bentuk Qafiyah terdiri dari: Muthlaqah mujaradah dan Muthlaqah mu'assasah, Nama Qafiyah yang terdapat pada kedua Qasidah tersebut yaitu mutadarak, Qafiyah yang cacat pada Qasidah "ياحماةالدين" yaitu pada bait Y saja dan tidak ada Qafiyah yang cacat pada Qasidah "إلى الطاغية

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rouf, SodriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Wazan Arudl; Qafiyah; Qashidah; Abu al Qasim Al Syabi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2017 02:13
Last Modified: 27 Nov 2017 02:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21484

Actions (login required)

View Item View Item