Pengaruh kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlaq siswa Madrasah Aliyah Tarbiyatul Banin-Banat Montong Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozaq, Abdur (2012) Pengaruh kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlaq siswa Madrasah Aliyah Tarbiyatul Banin-Banat Montong Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdur Rozaq_D01206163.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap guru akan berpengaruh terhadap peserta didik, pengaruh tersebut ada yang terjadi secara tidak sengaja, bahkan tidak disadari oleh guru, melalui kepribadian guru akan lebih besar pengaruhnya dari pada kepandaian dan ilmunya, terutama bagi peserta didik yang masih dalam usia beranjak remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepribadian guru PAI terhadap akhlaq siswa MA. Tarbiyatul Banin Banat Montong Tuban. kepribadian pada prinsipnya adalah susunan atau kesatuan aspek prilaku mental (pikiran, perasaan, dan sebagainya) dengan aspek perilaku behavioral (perbuatan nyata). Aspekwaspek ini berkaitan secara fungsional dalam diri seorang individu, sehingga membuatnya bertingkah laku secara khas dan tetap sedangkan akhlak adalah sesuatu yang menjadi kebiasaan seseorang yang berupa adab. Sebab, ia menjadi seperti pembawaan (al-khilkoh) yang ada pada dirinya. Bila guru PAI memiliki kepribadian yang tinggi, maka akan berpengaruh terhadap akhlaq siswa. Hipotesis altematif (Ha) dalam penelitian ini adalah ada pengaruh kepribadian guru PAI terhadap akhlaq siswa MA. Tarbiyatul Banin Banat Montong Tuban dan Hipotesis Nihil (Ho) adalah tidak ada pengaruh kepribadian guru PAI terhadap akhlaq siswa MA. Tarbiyatul Banin Banat Montong Tuban. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepribadian guru PAI sedangkan akhlaq siswa sebagai variable terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II MA. Tarbiyatul Banin Banat Montong Tuban yang berjumlah 50 peserta didik. Dalam pengumpulan data digunakan metode skala untuk kepribadian guru PAI dan Akhlaq siswa. Nilai korelasi yang diperoleh pada analisis dengan rumus korelasi Product Moment sebesar 0,69 dan setelah hasil tersebut dikonsultasikan dengan "r" tabel product moment dengan N= 50 pada taraf signifikasi 5% adalah 0,279 dan pada taraf signifikasi 1% adalah 0,361. Dengan demikian temyata bahwa r0 lebih besar dari ri, baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kepribadian guru PAI dengan akhlaq siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozaq, Abdur--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Perilaku
Uncontrolled Keywords: Kepribadian guru; akhlaq siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2017 08:29
Last Modified: 01 Nov 2018 01:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21480

Actions (login required)

View Item View Item