Blater dan politik: intervensi tokoh Blater terhadap proses implementasi kebijakan di Desa Paseseh Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pujisetiawan, Moh. Irwan (2017) Blater dan politik: intervensi tokoh Blater terhadap proses implementasi kebijakan di Desa Paseseh Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Peneliteian ini akan menjawab dua hal penting yaitu: 1) Apa latar belakang kepala desa tunduk terhadap tokoh blater di Desa Paseseh?, 2) Bagaimana intervensi tokoh blater terhadap kebijakan kepala Desa Paseseh? Peneliteian ini termasud dalam kategori peneliteian kualitatif dimana data yang dikumpulkan dan dianalisa berupa penjelasan, keterangan yang bukan berbentuk angka-angka. Sedangkan penjelasannya, peneliteian ini bersifat deskriptif yaitu suatu bentuk pendekatan yang dilakukan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang diselidiki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Data-data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teori sosial utamanya teori hegemoni. Sedangkan kesimpulan penelitian ini yaitu: Latar belakang kepala desa tunduk terhadap tokoh blater di awali atas peran blater pada calon kepala desa sebelum calon kepala desa terpilih menjadi kepala desa. Selain itu juga adanya hubungan emosial/kekerabatan dengan calon kepala desa dan juga bertujuan untuk menjaga keamanan desa pada saat pemilihan kepala desa. Yang dimaksud dengan menjaga kemanan desa adalah dari keamanan pencurian atau kerusuhan seperti carok. Kemudian bentuk intervensi dari tokoh blater terhadap kebijakan Kepala Desa dapat berupa merekomendasikan anak buahnya sebagai perangkat desa. Selain itu tujuan tokoh blater untuk mengintervensi kepala desa adalah untuk memperkuat daya tawar kepada pemerintah dan masyarakat ketika sudah menguasai desa-desa dan kepala desanya sehingga akan semakin disegani oleh masyarakat. Namun ada beberapa dampak, baik itu dampak positif maupun negatif dalam intervensi tokoh blater terhadap kepala desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pujisetiawan, Moh. Irwaniryadevri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Politik > Politik Islam
Politik > Politik Islam > Persepsi Masyarakat
Keywords: Elite politik; intervensi; kepala desa; blater
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Pujisetiawan Moh. Irwan
Date Deposited: 24 Nov 2017 06:20
Last Modified: 24 Nov 2017 06:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21468

Actions (login required)

View Item View Item