Kontribusi lembaga pendidikan ma’arif Nahdlatul Ulama' cabang Sidoarjo dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuliana, Yuliana (2012) Kontribusi lembaga pendidikan ma’arif Nahdlatul Ulama' cabang Sidoarjo dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (577kB)
[img]
Preview
Text
Abtrak.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang dipandang kurang relevan dengan pembangunan, mutu pendidikan yang dianggap kian merosot menimbulkan kritik dari berbagai pihak. Ketidakpuasan itu merupakan dorongan untuk mencari cara-cara baru yang lebih efektif. Maju mundurnya suatu bangsa sebagian besar ditentukan oleh maju mundurnya pendidikan di negara itu. Lembaga pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama’ cabang Sidoarjo merupakan salah satu diantara lembaga-lembaga pendidikan yang selalu mengupayakan peningkatan mutu, mulai dari tingakatan RA/TK, SD/MI, MTs/SMP, SMA/MA, SMK/MAK. dan saat ini dalam pembangunan pendidikan tinggi. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana upaya pembinaan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama’ Cabang Sidoaijo dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sidoaijo? (2) Bagaimana kualitas sekolah binaan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama’ Cabang Sidoarjo. (3) Apakah kendala Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama’ Cabang Sidoaijo dalam peningkatan mutu pendidikan? Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sebab dengan menggunakan metode tersebut akan diperoleh hasil berupa temuan-temuan baru yang secara natural dipaparkan dilapangan. Pemaparan yang dimaksud adalah berangkat dari suatu realita yang dapat ditangkap dan dicermati oleh peneliti berupa kontribusi lembaga pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama’ cabang Sidoarjo dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sidoaijo. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; Pertama. Upaya yang dilakukan oleh LP Ma’arif NU cabang Sidoarj terfokus pada 3 komponen utama, akademik, SDM dan kelembagaan. dengan beberapa kegiatan yang menunjang. Kedua. Kualitas sekolah-sekolah binaan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama’ cabang Sidoaijo dapat dilihat dari dua sudul pandang, yaitu berdasar pada Standar nasional pendidikan dan berdasar hasil akreditasi yang dicapai sekolah. Adapun Pencapaian standar tersebut cukup baik, dilihat dari semakin berkembangnya pendidikan-pendidikan yang dibina saat ini. Yang kedua berdasar nilai akreditasi sekolah binaan LP Ma’arif cabang Sidoarjo lebih dari setengah dari keseluruhan jumlah sekolah binaanya mendapat nilai baik (B). Ketiga. Kendala-kendala yang dialami oleh LP Ma’arif NU cabang Sidoarjo adalah jumlah yayasan yang sangat banyak sehingga menyulitkan koordinasi dan komunikasi serta sosio-kultur masyarakat yang ingin selalu bebas dan tidak terikat, serta financial dalam pelaksanaan program.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuliana, YulianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Nahdlatul Ulama
Uncontrolled Keywords: Kontribusi; Nahdlatul Ulama’; mutu pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2017 08:29
Last Modified: 23 Nov 2017 08:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21466

Actions (login required)

View Item View Item