Aplikasi metode Card Sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa bidang studi al-Qur'an Hadits Kelas III di Madrasah Diniyah Darul-Hijroh Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

al Maqdisi, Mucharror (2012) Aplikasi metode Card Sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa bidang studi al-Qur'an Hadits Kelas III di Madrasah Diniyah Darul-Hijroh Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (555kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penggeseran paradigma pendidikan sekarang ini, berpengaruh pada metode dan strategi yang digunakan dalam proses belajar mengajar, sebab metode merupakan salah satu faktor atau komponen pendidikan yang sangat menentukan berhasil tidaknya suatu mbelajaran. Pergesran paradikma tersebut juga akan berpengaruh pada fungsi pendidik itu sendiri, yaitu sebagai fasilitator. Untuk mendapatkan kepastian maka diambil rumusan masalah bagaimanakah aplikasi metode card sort pada siswa kelas III bidang studi Al-qur'an hadits, dan bagaimanakah motivasi belajar siswa kelas IIIsetelah cliterapkannya metode card sort bidang studi Alqur' an Hadits di Madrasah Diniyah Darul Hijrah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan aplikasi metode card sort pada siswa kelas III bidang studi al-Qur'an Hadits, dan untuk menjelaskankan motivasi belajar siswa kelas III setelah diterapkannya rnetode card sort bidang studi Al-Qur' an Hadits di Madrasah Diniyah Darul Hijrah. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti mengamati dan berinteraksi dengan guru bidang studi, kepala Madrasah, dan siswa/siswi, serta pihak..pihak yang berkompeten di Madrasah tersebut serta data-data yang didokumentasikan. Teknis Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokurnentasi yang dianalisis secara deskriptif melalui proses editing. Dari basil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi metode card sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III bidang studi Al-Qur'an Hadits di Madrasah Diniyah Darul Hijrah. Di sini pendidik lebih banyak bertindak sebagai fasilitator dan menjelaskan materi yang perlu dibahas atau materi yang belum dimengerti siswa setelah presentasi selesai. Motivasi belajar siswa kelas III meningkat setelah diterapkannya metode card sort bidang studi Al-Qur' an Hadits di Madrasah Diniyah Darul Hijrah, karena dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode card sort terdapat beberapa unsur, diantaranya: Pertama pengalaman; dengan metode ini peserta didik mendapatkan pengalaman langsung dengan mengaktitkan lebih banyak indra daripada hanya mendengarkan. Kedua, Interaksi dan diskusi dapat melatih siswa dalam berinteraksi dengan orang lain serta berani mengemukakan argumen-argumennya. Ketiga, komunikasi; siswa dapat mengungkapkan pikirannya baik secara lisan ataupun tulisan akan memantapkan pemahaman siswa tentang apa yang dipelajari. Keempat, refleksi; dengan adanya interaksi dan komunikasi siswa dapat melakukan retleksi. Kelima, Daya ingat; dengan lebih banyak melibatkan siswa dalam kegiatan belajar dan lebih banyak menggunakan indera yang dimiliki akan menambah daya ingat siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
al Maqdisi, Mucharror--UNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Card Sort; motivasi belajar; al Quran Hadits
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2017 07:56
Last Modified: 01 Nov 2018 01:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21464

Actions (login required)

View Item View Item