Efektivitas penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk melatih literasi statistik siswa SMP pada pada materi Statistika Kelas VII

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noviasari, Etika (2017) Efektivitas penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk melatih literasi statistik siswa SMP pada pada materi Statistika Kelas VII. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (405kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (427kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran berbasis masalah dalam melatih literasi statistik siswa SMP pada materi statistika. efektivitas penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) yang meliputi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran, literasi statistik siswa (memahami data atau informasi statistik, menginterpretasi data atau literasi statistik dan mengomunikasikan data atau literasi statistik) dan respon siswa setelah pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif karena dalam penelitian ini peneliti ingin mendeskripsikan efektifitas Penerapan Pembelajaran Berbasis masalah (PBM). Analisis data yang akan dilakukan adalah analisis data kemampuan guru mengelola pembelajaran, analisis data aktivitas siswa, analisis data tes literasi statistik (memahami, menginterpretasi, dan mengomunikasikan data atau literasi statistik) siswa dan data respon siswa. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru mengelola Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk melatih literasi statistik siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,55 dan termasuk dalam kategori “sangat baik”, (2) Nilai Aktivitas Siswa (NAS) pada pertemuan pertama (P1) dan kedua (P2) memperoleh rata-rata sebesar 18,75 dan termasuk kategori sangat aktif, (3) aspek literasi statatistik siswa pada kemampuan memahami data 89% dengan kategori sedang atau tinggi, kemampuan mengintrepretasi data 78% dengan kategori sedang atau tinggi, dan mengomunikasikan data 61% dengan kategori sedang atau tinggi. Mengomunikasikan data atau informasi statistik siswa masih harus lebih dilatih lagi, (4) Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah untuk melatih literasi statistik siswa memperoleh rata-rata 74,67% dan termasuk kategori positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noviasari, Etikaetikanoviasari67@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; literasi statistik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Noviasari Etika
Date Deposited: 16 Nov 2017 03:16
Last Modified: 16 Nov 2017 03:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21404

Actions (login required)

View Item View Item