PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK PADA WARUNG KOPI “BU ROHMAH” PAGESANGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prastyo, Hendro Agus (2014) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK PADA WARUNG KOPI “BU ROHMAH” PAGESANGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Nongkrong di Warung Kopi menjadi sebuah kultur unik pada masa ini. Fenomena tersebut menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan, sesuai dengan kenyataan bahwa usaha Warung Kopi saat ini menjamur dibeberapa daerah yang kental akan kultur tersebut. Di luar hal itu, sadar ataupun tidak disadari prospek usaha Warung Kopi perlu didukung dengan bagaimana cara seorang penjual merespon dinamika kebutuhan pelanggan dalam upaya menumbuhkan loyalitas dan kepuasan pelanggan. Pemanfaatan media sosial facebook, merupakan salah satu strategi untuk menjangkau khalayak dalam fenomena nongkrong di Warung Kopi.
Persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana proses komunikasi melalui media sosial facebook pada Warung Kopi “Bu Rohmah”, (2) Bagaimana pemanfaatan media sosial facebook pada Warung Kopi “Bu Rohmah”.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh, dalam penelitian ini digunakanlah metode deskriptif kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini. Kemudian data tersebut dianalisis secara mendalam dengan menggunakan teori uses and gratifications, dan teoti interaksi simbolik untuk mengetahui proses komunikasi melalui media sosial facebook serta pemanfaatannya pada Warung Kopi “Bu Rohmah”.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) proses komunikasi melalui media sosial facebook yang dilakukan penjual dilakukan disela-sela aktivitasnya ketika bekerja, pesan bersifat umum/terbuka untuk khalayak, dan feedback bersifat tertunda dan langsung. (2) pemanfaatan media sosial facebook yang terdapat pada Warung Kopi “Bu Rohmah”, antara lain: sebagai sarana promosi, sarana untuk merespon dinamika kebutuhan pelanggan, sarana dalam menyebarkan informasi/berita, sebagai wujud eksistensi, dan sarana pengenalan diri dan pendekatan untuk meraih loyalitas pelanggan.
Bertolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat menjadi bahan untuk meningkatkan kemajuan suatu usaha baik skala kecil ataupun menengah adalah (1) Secara hubungan hendaknya lebih terbuka dan mengedepankan aspek sosial untuk menumbuhkan human interest, (2) sebuah bentuk pelayanan dalam suatu usaha terlebih bidang pelayanan/jasa hendaknya dapat menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi, meskipun usaha tersebut tergolong dalam usaha skala kecil namun setidaknya tekhnologi informasi dapat membantu mempublikasikan yang nantinya diharapkan dapat diketahui oleh orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lilik Hamidah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prastyo, Hendro AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komputer
Keywords: Media Sosial; Facebook; Warung Kopi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2015 01:26
Last Modified: 05 Feb 2015 01:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item