Analisis berpikir visual siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan perbedaan gender

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Septya Rila (2017) Analisis berpikir visual siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan perbedaan gender. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (487kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (914kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (768kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (880kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berpikir visual (visual thinking) memiliki peranan penting dalam memecahkan masalah matematika khususnya geometri. Berpikir visual diartikan sebagai proses memahami, menafsirkan, memformulasikan dan mengkaitkan ide-ide serta menemukan pola baru yang muncul di dalam sistem kognitif interaksi antara melihat (looking), mengenali (seeing), menggambarkan (imagining), dan memperlihatkan serta menceritakan (showing and telling) sehingga dapat divisualisasikan atau direpresentasikan melalui gambar, grafik, dan sejenisnya untuk membantu mengkomunikasikan informasi sesuai tujuan yang diharapkan. Pada kenyataannya tidak semua siswa dapat melalukan proses berpikir visual dengan maksimal. Hal tersebut juga menyebabkan perbedaan kemampuan antara laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir visual siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas IX-3 SMP Negeri 1 Sidoarjo. Subjek pada penelitian ini berjumlah 4 siswa, masing-masing 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Subjek-subjek ini dipilih berdasarkan hasil penilaian rapor serta rekomendasi guru kelas. Untuk memperoleh data penelitian, keempat subjek tersebut diberi tes pemecahan masalah geometri. Kemudian subjek diwawancarai. Setelah itu, peneliti menguji kredibilitas dan kevalidan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan proses berpikir visual antara siswa laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah geometri. Siswa laki-laki mampu melakukan proses berpikir visual yang meliputi melihat, mengenali, membayangkan, serta memperlihatkan dan menceritakan dengan baik dalam memecahkan masalah geometri. Sedangkan siswa perempuan kurang mampu melakukan 4 proses berpikir visual dalam memecahkan masalah geometri. Jadi siswa laki-laki mampu melakukan proses berpikir visual lebih baik daripada siswa perempuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Septya Rilasepty723@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Gender
Matematika
Uncontrolled Keywords: Berpikir visual; dender; masalah geometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahayu Septya Rila
Date Deposited: 15 Nov 2017 08:03
Last Modified: 15 Nov 2017 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21372

Actions (login required)

View Item View Item