Pengembangan perangkat pembelajaran matematika strategi react berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Apriyani, Fevilia Eka (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika strategi react berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (347kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (457kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (630kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (612kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (749kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (564kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid, paraktis, dan efektif guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematika. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP dan LKS. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan strategi REACT berbasis etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase pengembangan, namun penelitian ini hanya dilakukan sampai pada fase tes, evaluasi, dan revisi. Uji coba dilakukan pada 26 siswa kelas VII-B di SMP Ulul Albab Sidoarjo. Data yang diperoleh selama penelitian berupa keterlaksanaan sintaks pembelajaran, respon siswa, aktivitas siswa, serta nilai pre-test (tulis dan lisan) dan post-test (tulis dan lisan). Data pre-test (tulis dan lisan) dan post-test (tulis dan lisan) akan diolah menggunakan uji Wilcoxon berpasangan. Proses pengembangan pembelajaran matematika yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain: fase investigasi awal meliputi kegiatan analisis situasi pembelajaran dan telaah kompetensi; fase desain meliputi kegiatan mendesain perangkat pembelajaran dan instrumen; fase realisasi meliputi kegiatan merevisi perangkat pembelajaran dari dosen pembimbing; fase tes, evaluasi, dan revisi meliputi kegiatan uji coba perangkat pembelajaran dan instrument, dilanjutkan dengan pengisisan angket respon siswa diakhir pembelajaran. Hasil analisis data penelitian diperoleh data kevalidan perangkat pembelajaran dengan rata-rata total validitas sebesar 3,91 untuk RPP dan 3,99 untuk LKS serta masing-masing perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan catatan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan presentase rata-rata keterlaksanaan sintaks sebesar 97,37%; aktivitas siswa dinyatakan efektif dengan memperoleh rata-rata nilai aktivitas siswa sebesar 44; dan respon positif siswa sebesar 87,50%;. Hasil uji Wilcoxon berpasangan terhadap data pre-test dan post-test diperoleh nilai Zhitung = 4,02 > Ztabel = 1,96. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematika sebelum dan sesudah pembelajaran matematika strategi REACT berbasis etnomatematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Apriyani, Fevilia Ekafevilia1994@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecakapan
Komunikasi
Matematika
Budaya
Uncontrolled Keywords: Strategi REACT; etnomatematika; kemampuan komunikasi Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Apriyani Fevilia Eka
Date Deposited: 15 Nov 2017 07:43
Last Modified: 15 Nov 2017 07:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21362

Actions (login required)

View Item View Item