Pengembangan film animasi dengan pendekatan integrasi-interkoneksi pada aritmatika sosial berbasis Ekonomi Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Wilda Yumna (2017) Pengembangan film animasi dengan pendekatan integrasi-interkoneksi pada aritmatika sosial berbasis Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wilda Yumna Safitri_D04213036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini, dikembangkan sebuah film animasi 2D yang di dalamnya terdapat cerita dengan pendekatan integrasi-interkoneksi. Cerita yang dibuat sesuai dengan materi yang dipilih, yaitu aritmatika sosial yang berbasis ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari film animasi dengan pendekatan integrasi interkoneksi pada aritmatika sosial yang berbasis ekonomi syariah. Film animasi yang dikembangkan mengacu pada model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahuluan, fase pembuatan prototype, dan fase penilaian. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa kelas VIIA MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo yang mengikuti seluruh kegiatan uji coba menggunakan media pembelajaran film animasi. Desain penelitian dalam uji coba terbatas pada fase penilaian menggunakan desain one-shout case study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli dan angket. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan film animasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil data mengenai proses pembuatan film animasi sesuai dengan tahap-tahap pembuatan film animasi yaitu berawal dari tahap pra produksi (menentukan tema, membuat ide cerita, storyline, skenario, dan dilanjutkan dengan menyusun crew), tahap produksi (pembuatan concept art yang menghasilkan gambar tokoh-tokoh pemeran di film animasi, pembuatan storyboard, casting and recording, dan dilanjutkan dengan proses penganimasian), serta tahap pasca produksi (melakukan penggabungan antar adegan dan melakukan render di Adobe Premier Pro CS6 sehingga dihasilkan produk film animasi). Untuk hasil kevalidan film animasi oleh ahli media sebesar 4,19 dalam artian sangat valid dan kevalidan film animasi oleh ahli materi sebesar 4,25 dalam artian sangat valid. Film animasi yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dari aspek teori dengan rata-rata nilai kualitatif “B” untuk keempat validator. Pada aspek praktik, film animasi dikatakan praktis dengan respon positif siswa sebesar 80,75%. Sedangkan film animasi telah memenuhi kriteria efektif, disebabkan karena minat belajar siswa sangat baik dengan rerata total sebesar 3,18.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Wilda Yumnawildayumnas@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Matematika
Pendidikan
Film
Uncontrolled Keywords: Film Animasi; Integrasi; Aritnatika Sosial; Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Safitri Wilda Yumna
Date Deposited: 15 Nov 2017 02:11
Last Modified: 13 Mar 2019 08:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21327

Actions (login required)

View Item View Item