فعالية تطبيق نموذج تعليم محو الأميات المتعددة الرقمي "Digital Multiliteracy" بالإنترنت لترقية مهارة الكتابة لطلاب الصف الأول في المدرسة الثانوية محمدية 3 سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdurrahman, Fathimah Azzahra (2017) فعالية تطبيق نموذج تعليم محو الأميات المتعددة الرقمي "Digital Multiliteracy" بالإنترنت لترقية مهارة الكتابة لطلاب الصف الأول في المدرسة الثانوية محمدية 3 سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (944kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (872kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (782kB)

Abstract

Siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis bahasa Arab. Sebagian dari siswa adalah lulusan sekolah umum yang tidak mengajarkan bahasa Arab disekolahnya. Sehingga sebagian dari siswa ada yang merasa malas dengan pembelajaran menulis bahasa Arab karena menganggap itu bukan bahasa keseharian mereka. Kurangnya inovasi guru dalam menggunakan model pembelajaran, minimnya kosakata dan kurangnya pemahaman tentang susunan kalimat dalam bahasa Arab serta kurangnya siswa dalam berlatih menulis bahasa Arab membuat siswa merasa kesulitan dalam menulis bahasa Arab. Untuk itu peneliti menerapkan model pembeajaran Multiliterasi Digital dalam meningkatkan keterampilan menulis mereka. Model pembelajaran ini dapat mempermudah guru dan siswa dalam menerapkan keterampilan menulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan empat teknis pemerolehan data, yaitu: Wawancara, Observasi, Dokumentasi, dan Tes. Adapun masalah yang diteliti dalam dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana kemampuan menulis siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. 2. Bagaimana penerapan model pembelajaran multiliterasi digital dengan internet dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. 3. Bagaimana efektifitas model pembelajaran multiliterasi digital dengan internet dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Kemampuan keterampilan menulis siswa kelas X MIA 2 di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya sebelum menerapkan model pembelajaran multiliterasi digital dengan internet adalah kurang mencukupi. Hasil nilai median siswa kelas X sebelum menggunakan model pembelajaran multiliterasi digital dengan internet adalah 40, dan hasil nilai setelah penerapan model pembelajaran multiliterasi digital dengan internet adalah 75. Ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran multiliterasi digital dengan internet adalah baik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran multiliterasi digital dengan internet terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Hal ini bisa dilihat dari analisis yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus T-Test yang menunjukkan T-Hitung 12,901 lebih besar dari T-Tabel 2,042 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya penerapan model pembelajaran multiliterasi digital dengan internet efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdurrahman, Fathimah Azzahrafathimah.zahrabd@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Digital Multiliteracy; Maharah kitabah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azzahra A. Fathimah
Date Deposited: 15 Nov 2017 02:13
Last Modified: 15 Nov 2017 02:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21317

Actions (login required)

View Item View Item