Profil keterampilan geometri siswa tunanetra sebagian di SMPLB-A YPAB Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wisdyanti, Dwi (2017) Profil keterampilan geometri siswa tunanetra sebagian di SMPLB-A YPAB Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (320kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (509kB)

Abstract

Secara teoritis dikatakan bahwasanya kemampuan geometri sangat penting dalam kehidupan kita. Namun realita menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar, guru maupun siswa tunanetra sebagian masih sering mengalami kesalahan dalam memecahkan permasalahan geometri. Untuk dapat mempelajari geometri dengan baik, maka siswa tunanetra sebagian harus dituntut untuk menguasai keterampilan geometri, keterampilan dalam membuktikan, keterampilan dalam membuat lukisan dasar geometri dan mempunyai daya tilik ruang yang memadai. Dari penjelasan ini terlihat betapa pentingnya keterampilan geometri yang harus dimiliki oleh siswa tunanetra dalam memahami konsep geometri. Ada beberapa keterampilan yang perlu kita perhatikan seperti keterampilan visual, keterampilan verbal, keterampilan menggambar, keterampilan logika dan keterampilan terapan. Berangkat dari fenomena tersebut, maka peneliti tertarik untuk mengadakan suatu penelitian dalam menyelesaikan permasalahan geometri. Hal ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan geometri siswa tunanetra sebagian. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMPLB-A YPAB Surabaya kelas VIII, subjek penelitian ini sebanyak 2 siswa yang memiliki keterbatasan penglihatan (tunanetra sebagian). Metode dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes tulis dan wawancara untuk mendapatkan gambaran tentang profil keterampilan geometri yang dikelompokkan ke dalam keterampilan visual, verbal, menggambar, logika dan terapan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa subjek S1 memiliki keterampilan visual, keterampilan verbal, keterampilan menggambar dan keterampilan logika sedangkan subjek S2 memiliki keterampilan visual, keterampilan verbal, keterampilan menggambar, keterampilan logika dan keterampilan terapan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa tunanetra sebagian di kelas VIII SMPLB-A YPAB Surabaya memiliki empat keterampilan geometri yaitu: keterampilan visual, keterampilan verbal, keterampilan menggambar dan keterampilan logika.
Kata Kunci: keterampilan Geometri, Segiempat, Siswa Tunanetra Sebagian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wisdyanti, Dwidwiwisdyanti@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Matematika
Uncontrolled Keywords: Keterampilan geometri; segiempat; siswa tunanetra sebagian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wisdyanti Dwi
Date Deposited: 13 Nov 2017 08:35
Last Modified: 13 Nov 2017 08:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21255

Actions (login required)

View Item View Item