Penafsiran ulama tafsir terhadap ayat-ayat mansukh: telaah terhadap ayat QS. al-Baqarah: 106, QS. al-Nahl: 101, al-Ra'du: 39

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Abd. Sukkur (2010) Penafsiran ulama tafsir terhadap ayat-ayat mansukh: telaah terhadap ayat QS. al-Baqarah: 106, QS. al-Nahl: 101, al-Ra'du: 39. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB)

Abstract

Sampai dewasa ini, kontroversi tentang ayat-ayat mansukh dalam al-Quran selalu melahirkan silang pendapat di kalangan ulama tafsir. Hal ini karena persoalan nasikh mansukh sangatlah komplik., karena menyangkut penggunaan ayat al-Quran yang merupakan kaJarn AJ1ah, sebagai petunjuk bagi umat manusia sepanjang zarnan. Di samping itu ayat dalam al-Quran yang dijadikan dasar oleh kalangan ulama tentang keberadaan mansukh masih multi tafsir, sehingga menghasil beberapa pemahaman yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan ragam persoalan yang cukup komplik terkait dengan keberadaan ayat-ayat mansukh dalam al-Quran, antara Iain: Dari segi pemaknaan teks (penafsiran ayat) yang menjadi dasar keberadaan mansukh, dan beberapa pendapat ulama tentang ayat-ayat mansukh dalam al-Quran yang selalu kontroversial satu sama lain. Penelitian ini tidak hanya menggambarkan beberapa persoalan yang terkait dengan judul di atas, lebih dari itu penelitian ini juga mengkaji secara detail tentang pandangan ulama tafsir serta beberapa alasan atau dalil yang digunakan mereka, terkait dengan ayat-ayat mansukh, untuk kemudian diambil satu kesimpulan yang mendasar melalui basil analisis, dengan tahapan-tahapan yang sistematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis diskriptif, yaitu penelitian yang secara mendalam mengkaji beberapa data yang yang terkait dengan obyek, untuk kemudian dilakukan sebuah analisis, dengan menggunakan interpretasi masalah dan menyimpulkan kombinasi dari beragam pennasalahan, melalui penjabaran-penjabaran diskriptif. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini antara lain: Penggalian data, Pendiskripsian data, analisa data dan sebagainya. Data­ data tersebut berupa istilah-istilah, penafsiran ayat, ragam persoaJan yang terkait dengan obyek penelitian dan lain-lain, yang secara keseluruhan diformulasikan sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian. Data yang ditemukan dalam proses penelitian ini menunjukkan bahwa kontroversi pendapat ulama tentang ayat-ayat mansukh pada mulanya berawal dari penafsiran ayat yang mengindikasikan adanya mansukh, akan tetapi ayat tersebut temyata masih multi tafsir, sehingga diantara ulama tafsir tidak sejalan satu sama lain, yang menyebabkan kontroversi dalam penafiran terhadap ayat tersebut tidak hanya pada aspek-aspek tertentu, melainkan sampai pada pemahaman yang kontradiktif. Dari gambaran di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa persoalan nasikh mansuk.h yang sampai saat ini belum ada titik temu di kalangan ulama tafsir perlu dikaji kembali secara mendalam untuk menemukan sebuah solusi dalam menyikapi ragam persoalan yang terkait dengan nasikh mansukh dalam al-Quran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Abd. SukkurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Ulama
Keywords: Penafsiran ulama; ayat mansukh; al-Qurán
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:17
Last Modified: 13 Nov 2017 02:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21196

Actions (login required)

View Item View Item