Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli gas elpiji 3 kg melebihi harga eceran tertinggi (het) di Desa Gandusari Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Yusril Haidar (2017) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli gas elpiji 3 kg melebihi harga eceran tertinggi (het) di Desa Gandusari Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (532kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan Bagaimana praktek jual beli gas elpiji 3 Kg melebihi HET di Desa Gandusari Kabupaten Blitar, Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap penjualan gas elpiji 3 kg melebihi melebihi HET di Desa Gandusari Kabupaten Blitar. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara (interview) dan studi kepustakaan. Setelah data ini terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik deskritif dengan menggunakan pendekatan logika deduktif untuk memperoleh kesimpulan yang khusus dan ditinjau menurut Hukum Islam. Data dilapangan membuktikan bahwa jual beli gas elpiji 3 kg melebihi Harga Eceran Tertinggi. Dengan keterbatasannya informasi yang masyarakat dapatkan akan harga standar gas elpiji 3 kg, dalam hal ini kaitannya dengan ketidaktahuan akan sosialisasi harga gas elpiji 3 kg yang ditetapkan pemerintah, terutama bagi masyarakat yang merupakan pengguna gas elpiji 3 kg. Hal ini yang memicu para Pangkalan/ Sub penyalur untuk melakukan kecurangan dalam sistem distribusi gas elpiji 3 kg untuk mendapatkan laba besar dalam penjualannya tersebut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam praktek jual beli gas elpiji 3 kg di Desa Gandusari Kabupaten Blitar tidak sesuai dengan ketentuan Tinjauan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Harga Eceran Tertinggi LPG Tabung 3 Kg dan Sistem Distribusi di Provinsi Jawa Timur. Sebagaimana yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam praktek jual beli gas elpiji 3 kg, harga yang ditetapkan tidak sesuai janji yang ada pada pencantuman ketentuan harga eceran tertinggi. Meskipun dalam dalam Al-qur’an tidak ada penjelasan tentang penetapan harga, namun dalam surat an-nisa’ ayat 29 menjelaskan bahwa setiap umat muslim dilarang memakan harta sesama dengan jalan yang batil tidak benar kecuali dengan jalan perdagangan atas kerelaan suka sama suka. Sesuai kesimpulan Tersebut maka disarankan Pangkalan/ Sub Penyaur harus secepatnya menyesuaikan harga gas elpiji 3 kg yang didistribusikan sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena apabila masih terjadi pelangaran maka pengguna gas elpiji 3 kg dapat menggugat pelaku usaha dan besar kemungkinan pelaku usaha akan terkana sanksi karena tidak memenuhi ketentuan aturan perundang-undangan yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Yusril Haidaryusril.haidar@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Uncontrolled Keywords: Jual beli; gas elpiji
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Yusril Haidar
Date Deposited: 10 Nov 2017 07:30
Last Modified: 10 Nov 2017 07:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21158

Actions (login required)

View Item View Item