Efektifitas penggunaan media pembelajaran e-comic dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih: studi ekspeimen siswa kelas VIII SMP Kyai Hasyim Tenggilis Surabaya

Ubaidillah, Muhammad (2017) Efektifitas penggunaan media pembelajaran e-comic dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih: studi ekspeimen siswa kelas VIII SMP Kyai Hasyim Tenggilis Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ubaidillah_D01213025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas manusia, sebagai suatu kegiatan yang sadar akan tujuan. Pengembangan teknologi juga sangat berpengaru terhadap dunia pendidikan. Pengunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karenanya diperlukan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi yang menarik bagi siswa sehingga siswa akan belajar dengan nyaman, diantaranya melalui penggunaan media pembelajaran e-comic. Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa sekarang kurang memahami dan terkesan menyepelekan pembelajaran ketika diajar dengan tanpa media atau konfensional (metode ceramah). Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pengunaan media pembelajaran di SMP Kyai Hasyim? (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Kyai Hayim? (3) Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran e-comic dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Kyai Hasyim Tenggilis Surabaya). Instrument pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik angket dan tes sebagai instrument pengumpulan data primer. Dan teknik dokumentasi sebagai instrument pengumpulan data sekunder. Sedangkan analisis data menggunakan teknik prosentase untuk data yang bersifat deskriptif dan teknik uji t independent grup data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media pembelajaran e-comic di SMP Kyai Hasyim termasuk kategori baik. (2) hasil beljara siswa pada mata pelajaran fiqih keelas VIII dalam kategori baik. (3) Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dan dibuktikan dengan teknik analisis uji t independent group diperoleh hasil t-hitung > t-tabel (2,0497 > 2,0040) dan signifikansi sebesar 0.021 < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan artinya ada perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran e-comic dan kelas kontrol yang tanpa menggunakan media pembelajaran e-comic. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran e-comic efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Kyai Hasyim Tenggilis Surabaya.

Email: ubayubud@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mas'ud, Ali
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; e-comic; Hasil belajar; Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Fikih
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zakaria Achmad
Date Deposited: 10 Nov 2017 07:33
Last Modified: 14 Mar 2019 01:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21143

Actions (login required)

View Item View Item