Analisis hukum Islam terhadap praktik pemberian zakat sebagai persenan di agen jajan Toko Lancar Pasar Bhineka Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aida, Adelia Ayu (2017) Analisis hukum Islam terhadap praktik pemberian zakat sebagai persenan di agen jajan Toko Lancar Pasar Bhineka Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian diperoleh data bahwa praktik pemberian zakat sebagai persenan di Agen Jajan Toko Lancar Pasar Bhineka Surabaya, diberikan setiap tahunnya pada bulan Ramadhan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri untuk pelanggannya sebagai hadiah karena sudah setia berbelanja di toko tersebut dan juga sebagai usaha untuk memuaskan pelanggannya dalam mempertahankan loyalitasnya hingga menjadi pelanggan setia di toko tersebut. Dalam praktiknya, persenan tersebut diberikan dalam bentuk sejumlah uang yang dimasukkan ke dalam amplop dan dibagikan rata untuk pelanggan setianya dengan jumlah sama tanpa memperhatikan jumlah pembelian belanja tiap pelanggannya. Namun dalam pemberiannya, pedagang tidak hanya memberikannya sebagai persenan, namun juga diniatkannya sebagai zakat dalam persenan tersebut. Pedagang tersebut tidak menghitung dan tidak membedakannya antara persenan dan zakatnya. Sehingga tidak diketahui mana jumlah antara persenan dan zakatnya. Menurut hukum Islam, bahwa praktik pemberian zakat sebagai persenan di Agen Jajan Toko Lancar Pasar Bhineka Surabaya belum memenuhi syaratnya dalam zakat, karena pedagang tersebut juga berniat sebagai zakat dalam persenannya itu, maka harus memenuhi rukun dan syarat sah dari zakat. Meskipun tidak ada ketentuan jumlah dalam pemberian hadiah atau persenannya, namun dalam zakat perlu diperhatikan syarat dan rukunnya serta siapa saja yang berhak menerima zakat tersebut. Karena dalam praktiknya pedagang tersebut membagikan persenannya itu yang diniatkannya juga sebagai zakat kepada semua pelanggan setianya tanpa memperhatikan mana jumlah persenannya dan zakatnya serta apakah mereka berhak menerima atau tidak berhak menerimanya termasuk orang yang mampu atau tidak mampu. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka praktik pemberian zakat sebagai persenan di Agen Jajan Toko Lancar Pasar Bhineka Surabaya, seharusnya membedakan dalam jumlah persenan dan zakatnya dan apakah pelanggannya termasuk dalam orang-orang yang berhak menerima zakat tersebut agar sesuai dalam ketentuan pemberian zakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aida, Adelia Ayuadel3183006@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pedagang
Zakat
Keywords: Pemberian zakat; agen jajan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aida Adelia Ayu
Date Deposited: 10 Nov 2017 07:00
Last Modified: 10 Nov 2017 07:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21126

Actions (login required)

View Item View Item