Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jahroh, Eka Wardatu (2012) Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP negeri I Waru. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan cara menggambarkan keadaan atau status fenomena pada suatu tempat. Peneliti hanya ingin mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan keadaan sesuatu. Teknik yang digunakan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Setelah semua data terkumpul, barulah penulis menganalisa basil wawancara dan observasi dengan cara mendeskripsikan/menggambarkan data yang diperoleh dengan kata-kata atau kalimat sehingga diperoleh sebuah kesimpulan. Dari wawancara dan analisis tentang implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Waru Sidoarjo, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Implementasi yang sudah di terapkan di SMP Negeri I Waru sudah berjalan dengan cukup baik, dengan indikator dalam proses kegiatan belajar mengajar mapel PAI ternyata penerapan pendidikan karakter sudah diterapkan sebelum adanya instruksi dari mendiknas karena pada dasarnya Pendidikan Agama Islam itu sudah berkarakter. Namun dikarenakan adanya sebuah instruksi maka penerapannya dengan merubah RPP biasa menjadi RPP berkarakter dengan ditambahi nilai-nilai karakter yang diharapkan pada setiap pertemuan dengan model dan strategi disesuaikan. Dan dari segi evaluasi terdapat dua cara yaitu evaluasi pembelajaran sekaligus karakter yang diharapkan (karena sebenarya pendidikan karakter tidak berdiri sendiri melainkan inklud dalam mata pelajaran) dan evaluasi karakter sendiri melalui monitoring muhasabah nafsiyah setiap siswa yang hasil akhirnya akan menjadi nilai afektif siswa tersebut. Selain penanaman karakter melalui pengintegrasian di setiap mata pelajaran, didukung pula melalui pembiasaan agama setelah jam sekolah serta kegiatan pengembangan kultur sekolah. Dan alangkah indahnya jika penanaman karakter ini juga diaplikasikan oleh seluruh wali murid SMP Negeri 1 Waru. Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter ini yaitu adanya dukungan dari pihak sekolahan, kesempatan sharing dengan guru lain, serta adanya kegiatan pengembangan diri keagamaan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang adanya dukungan dari orang tua siswa serta kurangnya kesadaran dari seluruh warga sekolah tentang konsep keteladanan, waktu yang terbatas, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai (tidak adanya lab. agama).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jahroh, Eka Wardatu--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2017 05:02
Last Modified: 01 Nov 2018 02:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21102

Actions (login required)

View Item View Item