Tinjauan hukum Islam tentang gadai estafet kendaraan bermotor di Desa Tlogopojok Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romayya, Mina (2012) Tinjauan hukum Islam tentang gadai estafet kendaraan bermotor di Desa Tlogopojok Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (672kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini membahas tentang status transaksi gadai estafet dalam muamalah hukum Islam, dengan rumusan masalah bagaimana praktek gadai "estafet" di Desa Tlogopojok Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap gadai "estafet" di Desa Tlogopojok Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik? Adapun metode yang digunakan ialah analisa deskriptif verifikatif dengan menggunakan pola pikir metode induktif yaitu mengemukakan data yang bersifat khusus kemudian di tarik kesimpulan pada yang bersifat umum dan sistem pengumpulan data dalam skripsi in i ialah dengan observasi dan wawancara/interview. Data skunder diambil dari kitab tafsir, kitab fiqih, artikel, web dan blog yang membahas tentang gadai. Hasil dari penelitian skripsi ini menujukkan bahwa dalam gadai estafet terdapat penyimpangan yaitu ketidak jelasan akad, dimana orang yang menerima gadai mengambil manfaat barang gadai dengan menggadaiakan lagi ke orang lain tanpa seizin pemiliknya. Sedangkan pemanfaatan barang gadai syarat utama ialah harus dengan seizin pemiliknya atau riihin, dan barang yang sedang digadaikan tidak boleh digadaikan lagi, sehingga gadai estafet yang di lakukan oleh pak Abdul Mujib, Latif, dan Mulyono di Desa Tlogo Pojok Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik ini berhukum haram, karena tidak sesuai dengan prinsip hukum Islam. Oleh karena itu di sarankan kepada Murtahin/ penerima gadai, agar meninggalkan tradisi gadai estafet yang tidak di sahkan oleh syariat Islam, jika ingin tetap melakukan gadai, hendaknya menggunakan transaksi muamalat yang memperhatikan asas-asas muamalat sesuai dengan etika Islam, yaitu menjelaskan dirinya sebagai makelar (kafil) dengan menggunakan transaksi {Olah, penyaluran barang hanya ke satu orang saja tanpa ada pengalihan ke orang lain, dan di sarankan kepada Riihin/ orang yang menggadaiakan lebih teliti dalam melakukan transaksi, sehingga barang yang digunakan sebagai barang jaminan dapat terjaga keamanan, hendaknya menggadaikan barang ke pegadaian syariah yang ada, penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu tela'ah hukum fiqih, untuk menuju muamalah yang sesuai dengan syariat Islam, sehingga jauh dari penyelewengan yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romayya, MinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Gadai
Hukum Islam
Teknologi
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; gadai; kendaraan bermotor
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:23
Last Modified: 09 Nov 2017 03:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21092

Actions (login required)

View Item View Item