Implementasi terapi okupasi dalam menangani siswa debiel/moron di SMP Negeri 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzakiroh, Khilyatut (2012) Implementasi terapi okupasi dalam menangani siswa debiel/moron di SMP Negeri 5 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (847kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (760kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB)

Abstract

Istilah debiel/moron merupakan suatu masalah yang amat berat bagi semua orang. Karena apabila siswa dikategorikan debiel/moron berarti siswa tersebut mempunyai beberapa masalah yang berkaitan dengan kesulitan dalam memahami materi pelajaran di sekolah, kesulitan dalam bersosialisasi, dan ketidakmampuan merawat diri. Untuk itu siswa debiel/moron ini membutuhkan sebuah penanganan yang tepat yang tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kemampuan-kemampuan fisik, mental, serta sosialnya agar dapat melakukan aktifitasnya dengan mandiri. Dengan demikian diberikanlah terapi okupasi yang telah dikembangkan oleh seorang tokoh yang bemama Adolf Meyer yang mana terapi ini memusatkan perhatiannya untuk membantu individu dalam meningkatkan kemampuan fungsionalnya. Adapun metode yang digimakan oleh penulis dalam penelitiannya adalah kualitatif karena penulis hanya mendiskripsikan data dari para informan dan mendiskripsikan data yang diperoleh dari pengamatan terhadap perilaku klien. Dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus sebab dalam kasus ini konselor berupaya untuk menangani siswa debiel/moron yang ada di SMP Negeri 5 Surabaya dengan memberikan bantuan berupa terapi okupasi. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan peneliti bahwa pelaksanaan terapi okupasi dalam menangani siswa debiel/moron ini dinyatakan berhasil dan sukses karena pelaksanaannya dapat beijalan dengan lancar dan hasil dari terapi tersebut dapat mengubah perilaku klien yang terdiri dari seorang siswa debiel/moron yang kurang mampu dalam merawat diri dan bersosialisasi menjadi mampu bahkan sangat mampu dalam melakukannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzakiroh, KhilyatutUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Psikoterapi
Keywords: Terapi okupasi; siswa debiel/moron
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2017 02:51
Last Modified: 09 Nov 2017 02:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21090

Actions (login required)

View Item View Item