Sejarah dan perkembangan LPQ metode Usmani di Desa Tawangsari Kecamatan Garum Kabupaten Blitar tahun 2009-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Ely (2017) Sejarah dan perkembangan LPQ metode Usmani di Desa Tawangsari Kecamatan Garum Kabupaten Blitar tahun 2009-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ely Rahmawati_A02213026.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang sejarah lembaga yang berjudul SEJARAH DAN PERKEMBANGAN LPQ METODE USMANI di DESA TAWANGSARI KECAMATAN GARUM KABUPATEN BLITAR TAHUN 2009-2017. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain : (1) Bagaimana sejarah berdirinya LPQ Metode Usmani Blitar. (2) Bagaimana perkembangan LPQ Metode Usmani Blitar dari tahun 2009-2017. (3) Bagaimana Metode Usmani dan manfaatnya terhadap masyarakat dalam memberantas buta huruf Al-Quran. Skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik (mencari dan mengumpulkan sumber), kritik sumber (yang terdiri dari kritik ektern dan intern), interpretasi (penafsiran sumber), dan historiografi (penulisan sejarah). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, studi lapangan atau wawancara dan studi kearsipan. Skripsi ini menggunakan pendekatan sosio-historis dan menggunakan teori continuity and change dari Zamakhsyari Dhofir. Hasil penelitian dari skripsi ini yakni (1) LPQ Metode Usmani didirikan oleh KH. Saiful Bahri pada tanggal 7 September 2009, namun Lembaga ini diakui secara sah itu pada tanggal 6 Juli 2011 dengan Akta Notaris Endang S. Kartosudiro W, SH. (2) Perkembangan LPQ Metode Usmani ini sangat signifikan sampai tahun 2017 yaitu mempunyai 5976 santri, 978 guru, dan memiliki beberapa cabang selain di Kabupaten/Kota Blitar seperti Malang, Ponorogo, Tulungagung, Kota dan Kabupaten Kediri, Kota Batu, Sidoarjo, Batam, Irian Jaya. (3) Metode Usmani merupakan metode yang Sederhana, Mudah dan Lengkap serta banyak menuai respon positif karena memberikan manfaat terhadap masyarakat dalam memberantas buta huruf Al-Quran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Elyellyrahma206@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Al Qur'an
Sejarah
Keywords: Sejarah LPQ; metode Usmani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rahmawati Ely
Date Deposited: 09 Nov 2017 02:28
Last Modified: 27 Feb 2019 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21086

Actions (login required)

View Item View Item