Identifikasi tipe justifikasi penyelesaian masalah pembuktian ditinjau dari gaya belajar VAK (Visual, Audio, dan Kinestetik) siswa SMP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Maizzatul (2017) Identifikasi tipe justifikasi penyelesaian masalah pembuktian ditinjau dari gaya belajar VAK (Visual, Audio, dan Kinestetik) siswa SMP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maizzatul Jannah_D04213019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe justifikasi siswa dalam menyelesaikan masalah pembuktian ditinjau dari gaya belajar. Tipe justifikasi yang digunakan merupakan justifikasi yang dikemukakan oleh Back, Mannila dan Wallin yaitu assumption, vague/broad statement, rule, procedural description, own explanation. Sedangkan, teori gaya belajar yang digunakan adalah teori yang dikemukakan oleh Bobby DePoter & Mike Hernacki yang meliputi tiga gaya belajar yaitu visual, audio, dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Selanjutnya data tes dan wawancara setiap subjek dipaparkan, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan, pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 3 Surabaya yang terdiri dari enam siswa dengan ketentuan dua siswa mewakili setiap gaya belajar. Hasil dari penelitian ini, didapatkan kesimpulan bahwa: 1) Tipe justifikasi penyelesaian masalah pembuktian siswa SMP bergaya belajar visual adalah vague/broad statement dan rule, 2) Tipe justifikasi penyelesaian masalah pembuktian siswa SMP bergaya belajar audio adalah own explanation, dan 3) Tipe justifikasi penyelesaian masalah pembuktian siswa SMP bergaya belajar kinestetik adalah rule.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Maizzatulmaiz1612@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Tipe justifikasi; Masalah Pembuktian; Gaya Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jannah Maizzatul
Date Deposited: 10 Nov 2017 02:58
Last Modified: 13 Mar 2019 06:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21079

Actions (login required)

View Item View Item