Hubungan pelaksanaan muatan lokal budidaya perikanan dengan minat siswa belajar di Madrasah Aliyah (MA) Nurul Huda Kalanganyar

Sugiono, Sugiono (2010) Hubungan pelaksanaan muatan lokal budidaya perikanan dengan minat siswa belajar di Madrasah Aliyah (MA) Nurul Huda Kalanganyar. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB)

Abstract

Pendidikan dalam perkembangannya selalu dituntut agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, tetapi pada kenyataannya materi pelajaran yang diajukan melalui kurikulum nasional belum mampu mencukupi kebutuhan masyarakat secara menyeluruh. Oleh karena itu lembaga pendidikan berupaya dengan mengembangkan materi pembelajarannya melalui kurikulum muatan loka'I di sekolah dan ditujukan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Muatan lokal budidaya perikanan merupakan salah satu materi pelajaran yang dikembangkan melaui kurikulum muatan lokal di Madarsah Aliyah (MA) Nurul Huda Kalanganyar, dengan memanfaatkan sumber perekonomian masyarakat berupa petani tambak sebagai ide dalam pengembangan materi pembelajarannya . Tujuan pelaksanaan muatan lokal budidaya perikanan tersebut selain sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat juga untuk merangsang siswa- siswi agar tetap berminat dalam mengikuti lcegiatan pembelajaran di sekolah,' sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelaksanaan muatan lokal budidaya perikanan dengan minat siswa belajar. Subjek penelitian ini (N=44) adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran dan wakil kurikulum serta siswa­ siswi kelas X dan XI yang terlibat dalam kegiatan belajar mengajar pelajaran budidaya perikanan di Madrasah Aliyah (MA) Nurul Huda Kalanganyar . Penggalian data tersebut dilakukan dengan penyebaran angket tentang pelaksanaan muatan lokal budidaya perikanan dan minat siswa belajar, selain itu juga dilakukan wawancara serta observasi . Proses analisis data dilakukan secara manual dengan menggunakan rumus prosentase untuk mengetahui pelaksana_an muatan budidaya perikanan dan minat siswa belajar , kemudian dilakukan analisis korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara keduanya serta untuk mengetahui tingkat hubungan tersebut. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan muatan lokal budidaya perikanan dapat dikatakan cukup baik begitu juga minat siswa belajar muatan lokal tersebut. Selanjutnya dari hasil analisis dengan korelasi product moment menunjukkan bahwa, antara pelaksanaan muatan lokal budidaya perikanan dengan minat siswa belajar terdapat hubungan atau korelasi yang kuat. Jadi kesimpulannya adalah, adanya minat belajar yang tinggi tersebut terkontrol oleh pelaksanaan muatan lokal budidaya perikanan yang ada.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Haris, Abd.
Uncontrolled Keywords: Budidaya perikanan; minat belajar
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Peran Guru
Wirausaha
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2017 08:08
Last Modified: 07 Nov 2017 08:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21023

Actions (login required)

View Item View Item