Analisis SWOT terhadap organisasi pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) sadar Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardana, Syaefful Jatra Kusuma (2011) Analisis SWOT terhadap organisasi pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) sadar Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (604kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (324kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Fokus Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui analisis SWOT Organisasi yang ada di Koperasi Pegawai Republik Indonesia Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan pengumpulan data dengan metode pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis data penulis menggunakan metode analisis domain. Kemudian untuk mendapatkan keabsahan data penulis menggunakan Triangulasi. Kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah (1) Faktor Internal kekuatan KPRI Sadar Purwoasri diantaranya yaitu: lokasi dan fasilitas koperasi dapat dimanfaatkan seefisien dan seefektif mungkin; struktur organisasi berjalan sesuai job description agar masing-masing bagian mempunyai peran dan tanggung jawab sesuai dengan tugas masing-masing individu; keanggotaannya terdiri dari guru PNS dan pensiunan guru PNS, keanggotaannya di lingkup pendidikan TK dan SD Kecamatan Purwoasri, dan juga mendapatkan dukungan dari berbagai Instansi; simpan pinjam dalam proses bertransaksi sangat mudah dan ringan. Sedangkan Faktor internal kelemahan KPRI Sadar Purwoasri sebagai berikut: pendidikan Pengurus sebagian bukan dari ahli ekonomi / keuangan, tapi bidang pendidikan, hal ini bisa memperlambat perhitungan keuangan koperasi; pemahaman anggota dalam berorganisasi koperasi masih kurang, sehingga perlu adanya sosialisasi mengenai organisasi koperasi; ada anggota yang nakal mau pinjam tapi sulit untuk mengangsur pinjaman, maka diadakan ketertiban dalam mengangsur pinjaman. (2) Faktor Eksternal peluang KPRI Sadar Purwoasri diantaranya yaitu: partisipasi masyarakat desa terhadap toko koperasi sangat tinggi, hal ini dapat dimanfaatkan dengan cara memperbesar volume penjualan; keahlian bersaing dalam meningkatkan kualitas pelayanan di masyarakat sekitarnya. Sedangkan faktor eksternal ancaman KPRI Sadar Purwoasri antara lain: semakin banyaknya pesaing dari lembaga keuangan yang lain adanya dua Bank dan dua BPR. Diperlukan lebih meningkatkan kemudahan dan memperkecil bunga pinjaman; koperasi tersebut di bawah kendali suatu instansi, hal ini kemajuan maupun kemunduran koperasi juga sangat dipengaruhi kebijakan pimpinan instansi yang terkait; kondisi ekonomi negara yang belum stabil merupakan yang harus disikapi dengan bijak oleh koperasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardana, Syaefful Jatra KusumaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen

Koperasi
Uncontrolled Keywords: Penelitian SWOT; organisasi; KPRI
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2017 03:57
Last Modified: 07 Nov 2017 03:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21017

Actions (login required)

View Item View Item