اهل البيت و محبتهم في القران: دراسة مقارنة بين الطباطبائ و الرازي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmaniyah, Wahbatur (2011) اهل البيت و محبتهم في القران: دراسة مقارنة بين الطباطبائ و الرازي. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (410kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (856kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (271kB)

Abstract

Beragamnya pendapat di kalangan ulama’ yang disebabkan oleh perbedaan pemahaman terkadang memicu konflik yang juga disandarkan pada fanatisme madzhab. Demikian pula yang teijadi pada pemahaman pengertian Ahl Bayt dan wajibnya mencintainya di antara al-Tabatab’i dan al-Razi yang berasal dari dua aliran/madzhab yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat kedua mufassir tersebut tentang pengertian Ahl Bayt dan kewajiban mencintainya. Di samping itu, untuk kemudian dapat mengetahui perbandingan pendapat keduanya tentang variable tersebut berdasarkan penafsiran ayat al-Quran dari keduanya. Penelitian ini bertumpu pada persoalan kekaburan pemahaman mengena isi apa saja yang termasuk Ahl Bayt dan membuktikan adanya tasyrV dalam al-Quran untuk mencintai mereka seperti yang kita lakukan terhadap nabi. Hal tersebut merupakan salah satu hal pemicu konflik ekstemal dua aliran. Dengan memperbandingakan pendapat dua mufassir yang merupakan tokoh representative dari dua kubu, diharapkan mampu memunculkan sebuah formulasi pemahaman yang moderat tanpa aroma fanatisme golongan. Untuk mengetahui perbedaan pendapat masing-masing mufassir, dilakukan kajian terhadap penafsiran mereka dalam ayat-ayat al- Qur’an yang berhubungan dengan Ahl Bayt serta wajibnya mencintai mereka. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisa diskripsi yang berbasis pada penelitian pustaka (Library Research). Yakni dengan menggambarkan secara detail pendapat keduanya mengenai Ahl Bayt serta wajibnya mencintai mereka melalui penafsiran mereka dalam kitab tafsir karya dari keduanya. Kitab “Al-Mizan fl Tafsir al-Quran” karya Imam al- Tabataba’I dan Kitab “Mafatih al-Ghaib” karya Imam al-Razi. Kemudian dilakukan analisa untuk membandingkan persamaan dan perbedaan pendapat keduanya mengenai Ahl Bayt serta wajibnya mencintai mereka. Data yang ditemukan menunjukkan bahwa pendapat mereka mengenai Ahl Bayt serta wajibnya mencintai mereka berbeda di satusisi, namun mengandung persamaan di sisi lain. Adanya hal tersebut disebabkan oleh perbedaan pemahaman masing-masing tokoh terhadap siyaq (konteks) kalimat surat al-Ahzab ayat 33 yang sedikit banyak merupakan pengaruh madzhab yang dianutnya. Sedangkan persamaannnya akan ditemukan pada ‘kesepakatan’ mereka dalam merumuskan penafsiran surat as-Syuraayat 23 mengenai wajibnya mencintai AhlBayt. Dengandemikian, dapat disimpulkan bahwa perbedaan pemahaman terhadap konteks kalimat dan perbedaan madzhab yang dianut keduanya, merupakan faktor yang mempengaruhi adanya perbedaan pendapat keduanya dalam memahami pengertian Ahl Bayt. Namun hal ini dapat dihentikan jika kedua aliran bersedia merendahkan diri dan menyatukan dalil-dalil serta menganalisa ulang tanpa klaimisme pembenaran yang berlebihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmaniyah, Wahbatur--UNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Tafsir
Uncontrolled Keywords: mencintai Ahl Bayt
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2017 05:02
Last Modified: 01 Nov 2018 02:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20988

Actions (login required)

View Item View Item